NI KOMANG ASTITI TRI WIJAYANI, - (2022) PEMANFAATAN E-LEARNING SMANICHI BANGLI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011005_NI KOMANG ASTITI TRI WIJAYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
ABSTRAK 
Pemanfaatan TIK yang berkembang pesat dijadikan sebagai suatu  momentum, terutama adanya peralihan pembelajaran tatap muka ke pembelajaran  daring akibat pandemi covid-19. Sehingga memerlukan alat bantu berupa TIK  sebagai media penghubung dalam proses belajar-mengajar. Salah satu instansi  sekolah di Kabupaten Bangli memanfaatkan TIK menggunakan akses internet dengan membuat portal LMS pribadi berjenis moodle yaitu E-Learning  SMANICHI Bangli. 
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian yaitu (1) Bentuk pemanfaatan  e-Learning SMANICHI Bangli dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan  Budi Pekerti pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangli, (2) Kendala dalam pemanfaatan e-Learning SMANICHI Bangli dalam pembelajaran Pendidikan  Agama Hindu dan Budi Pekerti pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangli dan 
upaya untuk mengatasinya, (3) Implikasi dari pemanfaatan e-Learning SMANICHI  Bangli dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti bagi guru  dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangli.  
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah tersebut adalah teori  koneksionisme dari Edwar L. Thorndike, teori konstruktivisme dari Piaget, dan  teori behaviorisme dari Ivan Pavlov. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan  Agama Hindu dan Budi Pekerti serta siswa kelas XI. Metode pengumpulan data  menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan,  dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. 
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) E-Learning SMANICHI Bangli  menyediakan fitur – fitur pembelajaran lengkap, (2) Kendala yang dialami  didasarkan dengan penerapan strategi discovery learning, dan upaya yang  dilakukan ada dua yaitu upaya guru dan upaya siswa, (3) Implikasi dari  pemanfaatan e-Learning SMANICHI Bangli ada dua implikasi yaitu implikasi  positif dan implikasi negatif bagi guru dan siswa.
Kata Kunci : Pemanfaatan E-Learning SMANICHI Bangli, Pembelajaran  Pendidikan Agama Hindu, Budi Pekerti
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu | 
| Depositing User: | ulan | 
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:36 | 
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:36 | 
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1012 | 

