PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA AYODYA KANDA DAN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA TENGANAN KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM

NI LUH SRI WIDIADNYANI, - (2022) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA AYODYA KANDA DAN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA TENGANAN KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011007_NI LUH SRI WIDIADNYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan karakter merupakan hal terpenting dalam hidup ini. Dengan karakter yang mulia akan membawa seseorang kepada kehidupan yang lebih baik dan lebih teratur. Sama halnya dalam kehidupan masyarakat akan terlihat harmonis di saat mampu belajar mengikuti aturan-aturan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Salah satunya kisah cerita ayodya kanda yang memiliki banyak nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan tauladan bagi setiap masyarakat Hindu. Kisah perjalanan Rama pada kisah ayodya kanda memiliki relevansi terhadap kehidupan masyarakat di Desa Adat Tenganan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1). Bagaimanakah struktur intrinsik dalam cerita ayodya kanda? (2). Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam cerita ayodya kanda? (3). Bagaimanakah relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita ayodya kanda terhadap kehidupan masyarakat Desa Tenganan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem. Teori-teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori strukturalisme dari pakar ahli Teeuw dan teori karakter dari pakar ahli Thomas Lickona. Subjek dari penelitian ini adalah tokoh yang memahami, tokoh sastra Agama, prajuru Desa, masyarakat Tenganan, dan generasi muda Tenganan. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi non partisipan, dengan wawancara berstruktur, menggunakan studi kepustakaan mencari sumber baik dari sumber bacaan berupa buku-buku, majalah, media cetak, artikel yang terkait dengan nilai pendidikan karakter dalam cerita ayodya kanda, dan dokumentasi penelitian. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah triangulasi data dan informal. Hasil penelitian menunjukkan (1). Struktur intrinsik dalam cerita ayodya kanda berupa, tema, penokohan, alur, latar dan amanat. (2). Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita ayodya kanda meliputi nilai karakter religius, nilai karakter kejujuran, nilai karakter toleransi, nilai karakter disiplin, nilai karakter kreatif, nilai karakter mandiri, nilai karakter demokratis, nilai karakter rasa ingin tahu, nilai karakter semangat kebangsaan/nasionalisme, nilai karakter cinta tanah air, nilai karakter menghargai prestasi, nilai karakter berbahasa/komunikatif, nilai karakter cinta damai, nilai karakter peduli lingkungan, nilai karakter sosial, dan nilai karakter bertanggungjawab. (3). Relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita ayodya kanda terhadap kehidupan masyarakat Desa Tenganan Kecamatan Manggis Kabupaten karangasem memang memiliki kesesuaian bahwa sebuah masyarakat akan hidup selaras dan harmonis.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Ayodya Kanda, dan Relevansi Hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:44
Last Modified: 04 Nov 2025 03:44
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item
View Item