NI LUH SRI WIDIADNYANI, - (2022) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA AYODYA KANDA DAN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA TENGANAN KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011007_NI LUH SRI WIDIADNYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK 
Pendidikan karakter merupakan hal terpenting dalam hidup ini. Dengan  karakter yang mulia akan membawa seseorang kepada kehidupan yang lebih  baik dan lebih teratur. Sama halnya dalam kehidupan masyarakat akan terlihat  harmonis di saat mampu belajar mengikuti aturan-aturan yang ada di  lingkungan tempat tinggal. Salah satunya kisah cerita ayodya kanda yang  memiliki banyak nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan tauladan bagi setiap  masyarakat Hindu. Kisah perjalanan Rama pada kisah ayodya kanda memiliki  relevansi terhadap kehidupan masyarakat di Desa Adat Tenganan Kecamatan  Manggis Kabupaten Karangasem. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1). Bagaimanakah  struktur intrinsik dalam cerita ayodya kanda? (2). Nilai-nilai pendidikan  karakter apa saja yang terkandung dalam cerita ayodya kanda? (3).  Bagaimanakah relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita ayodya kanda terhadap kehidupan masyarakat Desa Tenganan Kecamatan Manggis  Kabupaten Karangasem. Teori-teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori  strukturalisme dari pakar ahli Teeuw dan teori karakter dari pakar ahli Thomas  Lickona. Subjek dari penelitian ini adalah tokoh yang memahami, tokoh sastra  Agama, prajuru Desa, masyarakat Tenganan, dan generasi muda Tenganan.  Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi non partisipan, dengan  wawancara berstruktur, menggunakan studi kepustakaan mencari sumber baik  dari sumber bacaan berupa buku-buku, majalah, media cetak, artikel yang  terkait dengan nilai pendidikan karakter dalam cerita ayodya kanda, dan  dokumentasi penelitian. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode  deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah triangulasi data dan informal. Hasil penelitian menunjukkan (1). Struktur intrinsik dalam cerita ayodya  kanda berupa, tema, penokohan, alur, latar dan amanat. (2). Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita ayodya kanda meliputi nilai karakter religius, nilai  karakter kejujuran, nilai karakter toleransi, nilai karakter disiplin, nilai karakter  kreatif, nilai karakter mandiri, nilai karakter demokratis, nilai karakter rasa  ingin tahu, nilai karakter semangat kebangsaan/nasionalisme, nilai karakter  cinta tanah air, nilai karakter menghargai prestasi, nilai karakter  berbahasa/komunikatif, nilai karakter cinta damai, nilai karakter peduli  lingkungan, nilai karakter sosial, dan nilai karakter bertanggungjawab. (3).  Relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita ayodya kanda terhadap  kehidupan masyarakat Desa Tenganan Kecamatan Manggis Kabupaten  karangasem memang memiliki kesesuaian bahwa sebuah masyarakat akan  hidup selaras dan harmonis. 
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Ayodya Kanda, dan Relevansi Hidup.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu | 
| Depositing User: | ulan | 
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:44 | 
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:44 | 
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1013 | 

