GUSTI AYU ANGRENI, - (2022) PERAN GURU AGAMA HINDU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI PENANAMAN AJARAN SUSILA DI SMP DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011013_GUSTI AYU ANGRENI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTARK
Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu siswa memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan Pendidikan karakter di Indonesia merupakan gerakan nasional untuk sekolah dalam membina dan membimbing generasi muda yang beretika, bertanggung jawab
Adapun masalah yang ingin di bahas antara lain (1) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi sistem pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman ajaran Susila di SMP Dwijendra Denpasar, (2) Bagaimana pola sistem pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman ajaran Susila di SMP Dwijendra Denpasar, (3) Bagaimana implikasi ajaran Susila terhadap siswa dalam membentuk karakter siswa di SMP Dwijendra Denpasar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter, (2) Untuk mengetahui pola sistem pendidikan agama Hindu. (3) Untuk mengetahui implikasi ajaran Susila terhadap siswa dalam membentuk karakter siswa di SMP Dwijendra Denpasar. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: Teori Kepemimpinan Spritual, Teori Karakter, Teori Behavioristik. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan siswa di SMP Dwijendra Denpasar. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumen melalui informan dari objek yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan agama Hindu dalam pembentukan karakter siswa yaitu, Faktor internal dan Faktor Eksternal. (2) Pola sistem pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman ajaran Susila di SMP Dwijendra menggunakan tiga pola sistem pendidikan yaitu: Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka Belajar, dan Pasraman. (3) Implikasi ajaran Susila terhadap siswa dalam membentuk karakter siswa terdapat implikasi ajaran Susila yaitu: Tri Kaya Parisudha, Yoga, dan Tat twam asi.
Kata Kunci: Peran Guru Agama Hindu, Karakter Siswa, Ajaran Susila
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:32 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:32 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1017 |

