ANAK AGUNG ISTRI DIAH PRATIWI, - (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBINA PERILAKU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KERAMBITAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011015_ANAK AGUNG ISTRI DIAH PRATIWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat sehingga peserta didik harus mengikuti perkembangan zaman tersebut dalam berbagai hal, sehingga secara kemampuan akan lebih dapat propesional. Akan tetapi pendidikan perilaku tersebut lebih cenderung kurang diperhatikan hal inilah yang menyebabkan peserta didik mengalami degradasi moralitas. Perilaku siswa seperti halnya siswa yang melawan pada orang tua, atau berperilaku kurang sopan. Mengingat pendidikan adalah sebuah proses untuk menciptakan generasi yang lebih baik dengan adanya UUD 1945 XIII Pasal 31 ayat 1 dan 2 yang menyatakan setiap warga negara berhak mendapat pengajaran atau pendidikan, khususnya pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.
Berdasarkan latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bentuk Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam membina perilaku siswa di SMP Negeri 2 Kerambitan? (2) Kendala dan upaya dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam membina perilaku siswa SMP Negeri 2 Kerambitan? (3) Implikasi implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti terhadap karakter perilaku siswa SMP Negeri 2 Kerambitan?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masala tersebut adalah diantaranya teori: Teori Konstruktivisme digunakan untuk mengkaji rumusan masalah pertama, Teori Perkembangan Piaget digunakan untuk mengkaji rumusan masalah yang kedua dan Teori Behaviorisme digunkan untuk menganalisis rumusan masalah ketiga. Dari hasil pengolahan data peneliti menemukan: 1) Bentuk implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 kerambitan meliputi: a. Perencanaan pembelajaran, b. Pelaksanaan pembelajaran, dan c. Evaluasi pembelajaran. 2) Kendala dan Upaya dalam pengimplementasian pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti meliputi: Kendala sarana dan prasarana, dan kendala dari peserta didik yang selalu berubah. Upaya dengan memaksimalkan potensi yang ada, dan memberlakukan pendekatan secara personal kepada peserta didik. 3). Implikasi teradap karakter siswa yang meliputi: Implikasi Karakter religius, nasionalis, gotong royong, integritas dan mandiri.
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Perilaku Siswa
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:47 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:47 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1018 |

