I KOMANG YOGA PUTRA LAKSANA, - (2022) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V ANTARADARINGDANLURINGPADAPEMBELAJARAN PENDIDIKANAGAMAHINDUDANBUDIPEKERTI DISEKOLAH DASARNEGERI17DAUHPURI TAHUNAJARAN2021-2022. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011016_I KOMANG YOGA PUTRA LAKSANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang paling mendasar dan sangat penting dalam kehidupan manusia. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran daring; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran luring; (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran daring dan luring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat komparasional ex post faxto. Populasi dalam penelitan ini adalah semua siswa kelas V di SD Negeri 17 Dauh Puri yang berjumlah 105 siswa, untuk pemeilihan sampel menggunakan metode convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Nilai hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran daring hasil kognitifnya 91.48, hasil afektifnya 83.28, hasil psikomotoriknya 84.04. Nilai hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran luring hasil kognitifnya 88,39, hasil afektifnya 89.08, hasil psikomotoriknya 88.89. Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran daring dan luring. Pada pembelajaran daring hasil kognitifnya lebih besar dibandingkan luring, tapi hasil afektif daring lebih kecil dibandingkan luring, sedangkan hasil psikomotorik daring lebih kecil dibandingkan luring. Jadi berdasarkan hasil hipotesis Sig 2-tailed kognitif kelas V pembelajaran daring dan luring 0.002 < 0.05, Sig 2-tailed afektif kelas V pembelajaran daring dan luring 0.001 < 0.05, Sig 2-tailed psikomotorik kelas V pembelajaran daring dan luring 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil hipotesis tersebut jadi Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran daring dan pembelajaran luring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.
Kata Kunci :Komparasi , Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:56 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:56 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1019 |

