I DEWA GDE ADININGRAT WIRAGUNA, - (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI IMPLEMENTASI AJARAN TRI HITA KARANA SISWA SD NEGERI 3 KUSAMBA DESA KUSAMBA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1913061040_I DEWA GDE ADININGRAT WIRAGUNA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi merupakan hal umum yang dilakukan oleh manusia saat
berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan atau aktivitas, salah satunya adalah
komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif yang efektif sangat penting dilakukan
oleh guru kepada siswanya dalam kegiatan pengelolaan sampah sebagai
implementasi ajaran Tri Hita Karana supaya para siswa tersebut memiliki kemauan
dalam mengelola sampah yang merekan hasilkan sendiri ataupun yang ada disekitar
mereka. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana Proses
Komunikasi Persuasif Guru Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Implementasi
Ajaran Tri Hita Karana Siswa SD Negeri 3 Kusamba. (2) Bagaimana Hambatan-
Hambatan Komunikasi Persuasif Guru Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai
Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Siswa SD Negeri 3 Kusamba. (3) Bagaimana
Implikasi Komunikasi Persuasif Guru Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai
Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Siswa SD Negeri 3 Kusamba.
Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah yaitu : (1)Teori
Komunikasi Persuasif, (2)Teori Atribusi, (3)Teori Efek Komunikasi Massa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini yaitu SD Negeri 3 Kusamba. Jenis dan
sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik
penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik
pengumpulan data meliputi: Teknik observasi, Teknik kepustakaan, wawancara,
dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh hasil temuan bahwa (1) Proses Komunikasi
Persuasif Guru Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Implementasi Ajaran Tri Hita
Karana Siswa SD Negeri 3 Kusamba melibatkan lima proses yaitu, (a) Attention
(Perhatian), (b) Interest (Minat), (c) Desire (Hasrat/keinginan) (d) Decision
(Keputusan), (e) Action (Tindakan). (2) Terdapat Hambatan Komunikasi Persuasif
Guru Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Implementasi Ajaran Tri Hita Karana
Siswa SD Negeri 3 Kusamba yaitu berasl dari faktor eksternal dan faktor eksternal.
(3) Beberapa Implikasi Komunikasi Persuasif Guru Dalam Pengelolaan Sampah
Sebagai Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Siswa SD Negeri 3 Kusamba adalah
kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan atau emosi), behavior (perubahan
perilaku).
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif Guru, Pengelolaan Sampah, Tri Hita Karana.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:20 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1030 |

