KOMUNIKASI SEMIOTIKA DALAM PESAN MORAL FILM PINJOL DI YOUTUBE

A.A GEDE BAYU TRIDIVTHA WIRADININGRAT, - (2024) KOMUNIKASI SEMIOTIKA DALAM PESAN MORAL FILM PINJOL DI YOUTUBE. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
2013061001 _ A.A GEDE BAYU TRIDIVTHA WIRADININGRAT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABTRAK
Film yang mengangkat realita sosial salah satunya yaitu film PINJOL
(Short Movie 2023). Film PINJOL merupakan film pendek lokal asal surabaya
yang memperoleh penghargaan film pendek. Film ini menceritakan seorang
remaja yang ingin terkenal di media sosial dengan mengikuti gaya hidup mewah
seperti seleb TikTok, tokoh utama lalu tertarik dengan iklan pinjaman online demi
gaya hidup untuk menaikan follower di akunnya. Pada film ini terdapat simbol
yang berisikan makna terhadap penonton tentang pesan moral. Banyak hal yang
dapat digali lebih dalam, sehingga layak untuk diteliti dengan judul “Komunikasi
Semiotika Dalam Pesan Moral Film PINJOL Di YouTube”. Penelitian ini dibedah
menggunakan teori Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data observasi, studi
kepustakaan dan penelusuran online, penentuan informannya menggunakan teknik
purposive sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: 1)
representasi pesan moral menggunakan konsep (tri adik), yaitu a) representamen
Qualisign tokoh bersifat malas, sombong, bingung dan stres dan sinsign peristiwa
token yang habis membuat listrik menjadi mati; b) objek indeks untuk mencari
hubungan sebab-akibat pada film; c) Intrepretan argument pesan moral film. 2)
Unsur-unsur komunikasi semiotika menggunakan, yaitu a) simantik untuk melihat
simbol seperti handphone dan notifikasi pesan; b) sintaksis seperti isi dari
notifikasi pesan merupakan sisa saldo Rendi; c) pragmatik seperti sisa saldo Rendi
Rp.103,400.00. 3) Dampak pesan moral Film PINJOL terhadap penonton di
YouTube menggunakan, yaitu a) kognitif komentar penonton terlihat mendapatkan
edukasi tentang PINJOL; b) efek afektif komentar penonton terlihat marah; c) efek
konatif komentar penonton terlihat menceritakan kejadian yang dulu
dirasakannya.
Kata kunci: Komunikasi Semiotika, Pesan Moral, Film PINJOL

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 17 Nov 2025 03:38
Last Modified: 17 Nov 2025 03:38
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item
View Item