STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KUNDA FLOWERSHOP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

PUTU DEVI WAHYUNDARI, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN KUNDA FLOWERSHOP DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
2013061004_PUTU DEVI WAHYUNDARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Strategi Komunikasi Pemasaran membantu perusahaan untuk membangun
hubungan yang kuat dengan konsumen. Perkembangan media sosial yang begitu
pesat dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai media promosi. Strategi komunikasi
pemasaran yang terencana sangat diperlukan dalam melakukan pronosi melalui
media sosial agar produk yang ditawarkan dapat menarik minat beli konsumen serta
dapat diterima oleh masyarakat. Kunda Flowershop menyediakan berbagai jenis
rangkaian bunga, desain rangkaian bunga oleh Kunda Flowershop terbilang unik
karena rangkaiannya tidak hanya memadukan bunga segar namun juga bunga
kering dan artificial, Kunda Flowershop aktif mempromosikan produknya di Media
Sosial Instagram namun belum menemukan hasil yang maksimal.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (l) Bagaimana
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kunda Flowershop dalam
mempromosikan produknya di media sosial Instagram ? (2) Apa saja hambatan
strategi komunikasi pemasaran Kunda Flowershop dalam mempromosikan
produknya di media sosial Instagram ? (3) Apa saja feedback yang didapat dalam
melakukan strategi komunikasi pemasaran mempromosikan produknya di media
sosial Instagram?. Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah yaitu
teori bauran pemasaran dan teori IMC. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jenis data merupakan jenis data
kualitatif, sumber data yaitu data primner dan data skunder. Teknik penentuan
informan dalam penelitian ini yaitu snowball sampling, teknik
pengumpulan data terdiri dari: teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi
kepustakaan.
Temuan hasil peneliatan ini yaitu: (1) Strategi komunikasi pemasaran
Kunda Flowershop dalam mempromosikan produknya di media sosial Instagram
cukup tepat yaitu menggunakan fitus Instagram Ads walaupun terbilang jarang,
mengadakan promosi saat hari-hari tertentu dan aktif mempromosikan via DM dan
Whatsapp. (2) Hambatan yang dihadapi oleh Kunda Flowershop dalam melakukan
promosi melalui media sosial Instagram yaitu hambatan pada jaringan dan
hambatan dalam pembuatan konten. (3) Kunda Flowershop memperoleh umpan
balik positif, umpan balik netral dan umpan balik negatif dalam pemasaran media
sosial Instagram. Selain itu, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kunda
Flowershop melalui media sosial Instagram mampu menarik banyak konsumen
namun kurang maksimal karena konten promosi kurang menarik dan variatif.
Kata Kunci : Media Sosial Instagram, Strategi Komunikasi Pemasaran, Mempromosikan, Kunda Flowershop

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 17 Nov 2025 03:45
Last Modified: 17 Nov 2025 03:45
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item
View Item