KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI KONTEN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI AKUN HITRIA PROJECT

I GUSTI AYU WIDYA DAMAYANTI, - (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI KONTEN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI AKUN HITRIA PROJECT. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
2013061007_I Gst Ayu Widya Damayanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Komunikasi pemasaran mempunyai peranan penting dalam pemasaran. Strategi
yang tepat perlu diperhatikan agar komunikasi yang disampaikan saat melakukan
pemasaran dapat diterima dengan baik oleh publik. Tiktok merupakan platfoarm
yang seringkali digunakan oleh pelaku usaha untuk melakukan pemasaran dengan
mengunggah konten berupa video maupun foto. Dalam pembuatan konten perlu
diperhatikan strategi yang tepat agar dapat menarik minat publik untuk berbelanja.
Konten yang kurang menarik terjadi karena kurangnya strategi yang digunakan.
Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah yang akan dibahas adalah: 1)
Bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui konten Tiktok sebagai media
promosi akun Hitria Project?. 2) Bagaimana hambatan komunikasi pemasaran
melalui konten Tiktok sebagai media promosi akun Hitria Project?.3) Bagaimana
implikasi komunikasi pemasaran melalui konten Tiktok sebagai media promosi
akun Hitria Project?.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori The Circular Model Of
Some, Teori Atribusi, Teori Depedensi Efek Komunikasi Massa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Objek formal penelitian ini adalah komunikasi
pemasaran, sedangkan objek material penelitian ini adalah media promosi akun
Hitria Project. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan Snowball dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi.
Adapun temuan hasil penelitian adalah: 1) Strategi komunikasi pemasaran
yang dilakukan oleh Hitria Project melalui konten Tiktok adalah (1) Share yakni
menggunakan Tiktok sebagai media promosi, target pasar yakni anak-anak hingga
dewasa, membuat merk, membuat konten promo dan memperlihatkan produk yang
dibeli oleh konsumen, (2) Optimize yakni dengan Personal branding melalui live
Tiktok, (3) Manage yakni menggunakan fitur keranjang kuning dan membalas
komentar pada konten Tiktoknya. (4) Engage yakni menggunakan bantuan
influencer. Hambatan yang dialami oleh Hitria Project dalam melakukan pemasaran
melalui konten Tiktok berasal dari internal yakni kekurangan ide dan konten dibuat
sesuai keinginan sedangkan hambatan eksternal yakni pengaruh ekspedisi,
kurangnya sumber daya manusia dan minimnya tempat pembuatan konten.
Implikasi komunikasi pemasaran konten Tiktok Hitria Project yakni: 1) Implikasi
kognitif yaitu Hitria Project mampu memberikan informasi yang diserap oleh
followersnya di Tiktok, 2) Implikasi Afektif yaitu Hitria Project mampu
menimbulkan keinginan untuk membeli produknya, 3) Implikasi behavioral yaitu
Hitria Project mampu membuat orang-orang membeli produknya karena harga yang
murah dengan kualitas yang bagus, selain itu juga promo yang diadakan membuat
orang membeli produknya.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Konten Tiktok, Media Promosi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:29
Last Modified: 24 Nov 2025 03:29
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item
View Item