NYOMAN GEDE BAGUS ERLANGGA WAISNAWA, - (2024) STRATEGI CONTENT CREATOR DALAM MEWUJUDKAN KOMUNIKASI PENYIARAN BERBASIS EDUKASI HINDU PADA YOUTUBE YUDHA TRIGUNA CHANNEL. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2013061014_Nyoman Gede Bagus erlangga Waisnawa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Yudha Triguna Channel merupakan salah satu media yang menyiarkan dharma
wacana dan pengajaran tentang sesuluh dan pakerti sebagai etika sosial dan pedoman
hidup atau panduan hidup. YouTube Yudha Triguna Channel selalu membagikan
konten-kontennya secara kosisten, diamana setiap hari kamis di setiap minggunya, dan
selalu membahas tentang konten edukasi Hindu.
Adapun permasalahan yang akan dibahas antara lain: (1) strategi content
creator dalam memproduksi konten siaran berbasis edukasi Hindu pada YouTube
Yudha Triguna Channel, (2) Hambatan-hambatan strategi content creator dalam
komunikasi penyiaran berbasis edukasi Hindu pada YouTube YudhaTriguna Channel
,dan (3) Dampak dari strategi content creator dalam komunikasi penyiaran berbasis
edukasi Hindu pada YouTube YudhaTriguna Channel.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada YouTube Yudha Triguna Channel. Jenis dan
sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik penentuan
informan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan penelusuran online. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori Production Organization, Teori
Hambatan Komunikasi; Teori Stimulus, Organisme, Response (S, O, R).
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) content creator Yudha Triguna Channel
menggunakan strategi pada setiap masing-masing tahapan yaitu pada tahap pra-
produksi, produksi, dan pasca produksi. (2) Content creator Yudha Triguna Channel
dalam memproduksi sebuah konten edukasi Hindu mengalami hambatan teknis,
semantik, dan perilaku. (3) Content creator Yudha Triguna Channel mendapatkan
dampak kognitif, afektif, dan behavioral akibat strategi komunikasi penyiaran yang
dilakukan di YouTube.
Kata Kunci: Content creator, Komunikasi Penyiaran, Konten Edukasi, YouTube Yudha Triguna Channel
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:43 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:43 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1042 |

