NI MADE NATASYA ERLINA, - (2024) KOMUNIKASI ORGANISASI KANTOR PERBEKEL DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PRIMA DI DESA TENGKUDAK KECAMATAN PENEBEL, KABUPATEN TABANAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2013061023_NI MADE NATASYA ERLINAA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Setiap kantor atau organisasi selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja
pegawainya, Kantor Perbekel Desa Tengkudak merupakan salah satu organisasi
Pemerintahan Desa sebagai wadah pelayanan administrasi penduduk serta upaya
perlindungan masyarakat. Namun berbagai masalah komunikasi dalam organisasi
dapat terjadi dan sering kali penyebabnya miss communication dalam
penyampaian pesan dan kurangnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Masalah miss communication ini juga sering dialami oleh organisasi Pemerintahan
Desa Tengkudak. Maka dari itu penelitian ini berfokus pada: 1) Pola Komunikasi
Organisasi Kantor Perbekel di Desa Tengkudak Kecamatan Penebel Kabupaten
Tabanan, 2) Strategi Dalam Menghadapi Hambatan Komunikasi Organisasi
Kantor Prebekel di Desa Tengkudak Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan, 3)
Implikasi Komunikasi Organisasi Kantor Perbekel di Desa Tengkudak
Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan.
Penyelesaian masalah di atas dari berbagai aspek, penelitian ini mengacu pada
teori- teori yang relevan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni Teori
Komunikasi Organisasi, Teori Analisis Transaksional, dan Teori Keergantungan
(Dependency Theory) untuk membedah suatu permasalahan dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif, jenis dan sumber data yang digunakan yakni sumber data
primer dan sekunder, Penentuan informan menggunakan teknik purposive
sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta
teknik kepustakaan.
Temuan dari hasil penelitian ini adalah Pola komunikasi yang digunakan di
Kantor Perbekel Desa Tengkudak yakni komunikasi dari atas ke bawah,
komunikasi dari bawah ke atas, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal.
Pola komunikasi di Kantor Perbekel Desa Tengkudak masih belum berjalan efektif
diakibatkan oleh mis komunikasi dalam penyampaian pesan dan kurangnya dalam
memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hambatan yang terjadi di Kantor
Perbekel Desa Tengkudak yakni hambatan teknis, hambatan simantik, dan
hambatan prilaku. Adanya hambatan tersebut sehingga perlu adanya strategi
dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut yakni strategi Komplementer,
Strategi Silang, Strategi Tersembunyi
Kata Kunci: Komunikasi, Organisasi, Kantor perbekel, Pelayanan, Prima
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:31 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:31 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1048 |

