NI LUH DIANTARI, - (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENCIPTAKAN KONTEN PROMOSI THE BEACH LOVE DI INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2013061025_ Ni Luh Diantari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan media sosial, salah satunya Instagram, telah
menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, khususnya dalam industri
pariwisata. Sebagai destinasi wisata, The Beach Love, sebuah kafe di Kabupaten
Tabanan, Bali, yang memanfaatkan Instagram sebagai sarana utama promosi.
Meskipun memiliki jumlah pengikut yang besar, penggunaan Instagram oleh The
The Beach Love masih belum optimal dalam menciptakan konten promosi yang
menarik. Tantangan utamanya meliputi kurangnya kreativitas dalam konten,
minimnya interaksi dengan pengikut, dan frekuensi posting yang rendah. Maka dari
itu permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
strategi komunikasi pemasaran dalam menciptakan konten promosi pada Instagram
The Beach Love, 2) Apa hambatan komunikasi pemasaran dalam menciptakan
konten promosi pada Instagram The Beach Love, 3) Bagaimana efek penggunaan
Instagram untuk menciptakan konten promosi pada Instagram The Beach Love.
Penyelesaian masalah di atas dari berbagai aspek, penelitian ini mengacu
pada teori-teori yang relevan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni
Teori Bauran Pemasaran, Teori The Circular Model of Some, dan Teori AIDA
untuk membedah suatu permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif,
jenis dan sumber data yang digunkaan yakni sumber data primer dan sekunder,
penentuan informan menggunakan Teknik Purposive Sampling dan Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan Teknik studi
kepustakaan.
Temuan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa The Beach Love berhasil
menerapkan strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan media sosial
sebagai wadah promosi. Strategi yang dilakukan mencakup berbagai aspek mulai
dari penyesuaian harga, perbaikan tempat hingga melakukan kerjasama dengan
influencer. Namun, beberapa hambatan dalam pembuatan konten mengakibatkan
Destinasi Wisata The Beach Love jarang memposting konten promosi pada
Instagram The Beach Love seperti ketidakpastian algoritma platform media sosial,
kesulitan dalam membalas pesan langsung dan komentar dari pengikut karena
kurangnya Content Creator khusus pada media sosial serta, keamanan karena
kerentanan terhadap peretasan sehingga menyebabkan kurangnya interaksi dengan
para pengikut. Namun, efek penggunaan Instagram sebagai wadah promosi berhasil
menarik minat wisatawan untuk berkunjung sehingga dapat mencapai tujuan
pemasaran, dan mampu mencapai target sasarannya menjadikan media sosial
sebagai alat pemasaran yang efektif sehingga memberikan dampak yang signifikan
dalam meningkatkan kunjungan ke destinasi wisata The Beach Love.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, The Beach Love, Instagram
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:56 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:56 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1049 |

