GALUH EKA SAFITRI, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DE DJAWATAN FOREST DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA BENCULUK, KECAMATAN CLURING, KABUPATEN BANYUWANGI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2013061029_GALUH EKA SAFITRI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
De Djawatan Forest mengalami penurunan pengunjung karena
kemunculan wabah covid-19. Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan maka
diperlukan strategi komunikasi pemasaran. De Djawatan Forest tentunya memiliki
strategi komunikasi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui perencanaan dan implementasi strategi
komunikasi pemasaran pariwisata De Djawatan Forest dalam meningkatkan
kunjungan wisatawan di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten
Banyuwangi, 2. Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pariwisata De
Djawatan Forest dalam meningkatkan kunjungan wistawan di Desa Benculuk,
Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, 3. Untuk mengetahui implikasi
strategi komunikasi pemasaran pariwisata De Djawatan Forest dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring,
Kabupaten Banyuwangi.
Teori yang digunakan untuk memecahkan rumusan masalah yaitu : 1.
Teori strategi komunikasi, 2. Teori bauran pemasaran, 3. Teori S-O-R. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi
penelitian di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Teknik
penentuan informan adalah purposive sampling. Jenis dan sumber data
menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Adapun temuan hasil penelitian antara lain : 1. De Djawatan Forest
menggunakan perencanaan, evaluasi, dan implementasi komunikasi dalam
perencanaan dan implementasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan
dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, 2. Strategi komunikasi pemasaran
meliputi bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, people, process,
physical evidence), 3. Implikasi strategi komunikasi pemasaran De Djawatan Forest
dilihat dari perubahan khalayak dalam menerima informasi menggunakan implikasi
kognitif, implikasi afektif, implikasi behavioral.
Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, pariwisata, wisatawan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 03:11 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 03:11 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1051 |

