KADEK ANDI PUTRA, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HAPPEN BALI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2013061032_KADEK ANDI PUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Happen Bali merupakan sebuah usaha fashion style berasal dari Batubulan,
Gianyar Bali yang bergerak di bidang fashion style retailer. Happen Bali salah
satu usaha brand yang memanfaatkan media sosial instagram dalam melakukan
sebuah pemasaran. Namun Happen Bali jarang mendapatkan sebuah interaksi
pada unggahan konten di instagramnya. Happen Bali dapat dikatakan sedikit
mendapatkan like dan komentar pada konten iklan yang ditampilkan, ini terasa
kurang signifikan jika dibandingkan dengan jumlah followers yang dimiliki
Happen Bali. Dengan perkembangan digital yang semakin pesat Happen Bali
diharapkan dapat membentuk sebuah brand awareness melalui media sosial.
Sehingga pada fenomena ini peneliti tertarik meneliti bagaimana strategi
komunikasi pemasaran untuk membangun brand awareness melalui media sosial
Instagram Happen Bali. Dengan tujuan, mengetahui dan memahami tentang
strategi komunikasi pemasaran dalam mewujudkan brand awareness pada sosial
media Instagram. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini
yaitu: (1) Model strategi komunikasi pemasaran untuk membangun brand
awareness melalui media sosial Instagram Happen Bali, (2) Kendala-kendala
dalam melakukan strategi komunikasii pemasaran untuk membangun brand
awareness melalui media sosial Instagram Happen Bali, (3) Implikasi strategi
komunikasi pemasaran untuk membangun brand awareness melalui media sosial
Instagram Happen Bali.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Happen Bali. Jenis
dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik
penentuan informan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi kepustakaan,. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran,
teori atribusi, dan teori AIDA.
Penelitian ini menemukan bahwa Happen Bali berhasil membangun
sebuah brand awareness melalui media sosial Instagram dengan memanfaatkan
fitur yang ada, hal ini juga terlihat dari aspek model strategi yang digunakan
Happen Bali sperti: (1) Produk, (2) Tempat, (3) Promosi,(3) Harga. Kendala-
kendala Happen Bali menggunakan konsep atribusi yaitu: (1) Kendala internal,
(2) Kendala Eksternal. Dengan implikasi yang diperoleh dari strategi komunikasi
pemasaran Happen Bali terdiri dari empat di antaranya: (1) Attention, (2) Interest,
(3) Desire (4) Action.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Instagram, Happen Bali
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 03:34 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 03:34 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1053 |

