NI MADE YULIA PRELIYANTI, - (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN GUNGGEKSHOPS DI INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2013061034_Ni Made Yulia Preliyanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi dan pemasaran adalah dua hal yang penting dalam kegiatan
bisnis. Kecanggihan teknologi, dalam hal ini instagram dimanfaatkan oleh
perusahaan untuk mempromosikan produk atau barang yang dijual, karena lebih
efektif dan praktis. Dengan situasi yang penuh dengan persaingan ini, maka suatu
pilihan yang tepat menjadikan media sosial salah satunya instagram sebagai
sarana pemasaran online menjadikan Gunggekshops harus mampu mendapatkan
serta meningkatkan penjualan melalui strategi komunikasi pemasaran yang
diterapkan di media sosial instagram.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana
penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Gunggekshops
melalui media sosial instagram? (2) Bagaimana hambatan yang dihadapi
Gunggekshops dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media
sosial instagram? (3) Bagaimana efek yang didapatkan Gunggekshops dalam
melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial instagram? Teori
yang digunakan untuk membahas rumusan masalah yaitu, teori bauran pemasaran
dan teori the circular model of some. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di instagram melalui
fisik toko Gunggekshops dengan menggunakan teknik purposive sampling
sebagai teknik penentuan informan. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu
data primer dan data sekunder dengen menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, serta studi kepustakaan.
Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa: (1) Produk yang dihasilkan
mencakup variasi desain, desain produk sebagian besar ditentukan oleh owner,
dengan masukan dari rekan bisnis dan pengamatan lingkungan sekitar sebagai
sumber inspirasi. Harga produk ditentukan oleh owner, dengan kenaikan harga
sekitar 10-30% tergantung biaya produksi yang mencakup bahan baku dan tenaga
kerja. Promosi dilakukan melalui media sosial, terutama instagram, dengan
posting minimal dua produk per hari pada feed dan setiap hari memposting produk
terbaru pada story, diskon diadakan sebulan sekali atau pada hari-hari besar
agama, serta giveaway lima bulan sekali. Pemilihan lokasi toko memperhatikan
tingkat keramaian, aksesibilitas, keamanan, dan ketersediaan lahan parkir dua
lokasi utama dipilih, yaitu di Kukuh dan Kediri. (2) dari penerapan strategi
komunikasi tersebut memunculkan hambatan gangguan pada jaringan,
menghasilkan ide kreatif dalam pembuatan konten, kesulitan dalam merespon
feedback secara konsisten karena kurangnya staff, kesalahan dalam manajemen
inventaris, (3) efek yang didapatkan Gunggekshops dalam melakukan strategi
komunikasi pemasaran yaitu meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas
pelanggan, meningkatnya jumlah pengikut dan pelanggan yang kembali
berbelanja ke Gunggekshops.
Kata kunci: Komunikasi pemasaran, Instagram, Pemasaran Online
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 03:38 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 03:38 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1054 |

