PENGGUNAAN EMOTICON DALAM KOMUNIKASI SEMIOTIKA MEDIA SOSIAL WHATSAPP

I GUSTI NGURAH SATHYA DHARMA, - (2024) PENGGUNAAN EMOTICON DALAM KOMUNIKASI SEMIOTIKA MEDIA SOSIAL WHATSAPP. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
2013061041_I GUSTI NGURAH SATHYA DHARMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Komunikasi semiotika adalah salah satu jenis komunikasi yang pada
prosesnya akan menggunakan suatu simbol atau tanda. Emoticon dalam media
sosial WhatsApp menjadi salah satu bentuk komunikasi semiotika yang dapat
diterapkan ketika melakukan komunikasi berupa teks pada media sosial WhatsApp.
Penggunaan emoticon tidak boleh sembarangan, karena akan memberikan efek
yang tidak sesuai harapan komunikator jika tidak dilakukan pemilihan yang tepat
serta terjadinya perbedaan makna antara komunikator dan komunikan. Berdasarkan
hal tersebut, rumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah: (1)
Bagaimana penggunaan emoticon dalam komunikasi semiotika di media sosial
WhatsApp?, (2) Bagaimana komunikasi semiotika di media sosial WhatsApp
menggunakan fitur emoticon ?, (2) Apa efek penggunaan emoticon dalam
komunikasi semiotika media sosial WhatsApp?.
Penelitian ini menggunakan dua teori untuk menjawab ketiga rumusan
masalah tersebut, yaitu: (1) Teori komunikasi semiotika, (2) Teori difusi inovasi.
Objek formal pada penelitian ini terdapat pada komunikasi semiotika, sedangkan
objek materialnya adalah penggunaan emoticon di media sosial WhatsApp.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, sedangkan untuk teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah
porpusive sampling dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
studi kepustakaan.
Terdapat temuan pada hasil penelitian ini, yaitu: (1) Penggunaan emoticon
pada media sosial WhatsApp harus melewati proses pemilihan yang kemudian
dapat digunakan sebagai mempertegas sebuah isi pesan, serta menyampaikan emosi
atau ekspresi komunikator untuk membantu proses komunikasi yang terjadi lebih
efektif, (2) Komunikasi semiotika yang terjadi dalam menggunakan emoticon
sesuai dengan teori segitiga semiotik Pierce, emoticon menjadi sebuah tanda yang
memiliki kemiripan tanda dengan kenyataan, memiliki pemaknaan sesuai dengan
kenyataan, dan mewakili kenyataan itu sendiri, (3) Efek yang terjadi saat
melakukan komunikasi semiotika dengan menggunakan emoticon bisa
menciptakan efek kognitif sehingga komunikan dapat memperoleh sebuah
informasi atau pengetahuan, efek afektif memberikan komunikan perubahan
emosional setelah menerima pesan dari komunikator yang menggunakan emoticon,
efek behavioral menyebabkan komunikan memiliki perubahan perilaku ketika
menerima pesan emoticon dari komunikator.
Kata Kunci: Komunikasi Semiotika, Penggunaan Emoticon, Efek
Komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 27 Nov 2025 05:53
Last Modified: 27 Nov 2025 05:53
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item
View Item