IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 TONJA DENPASAR UTARA

NI MADE ROHINI, - (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 TONJA DENPASAR UTARA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011027_NI MADE ROHINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan agama sangatlah penting dalam membentuk karakter religius manusia, karena di dalam pendidikan agama salah satunya melalui pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti banyak terkandung ajaran-ajaran etika yang dapat mengarahkan peserta didik dalam membentuk karakter religius. Namun masih banyak siswa yang belum memiliki karakter religius. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang tidak taat sembahyang, tidak hafal Tri Sandya, berperilaku tidak sopan dan lain sebagainya.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain:(1)Bagaimanakah Bentuk-Bentuk Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara. (2)Apa Saja Kendala Beserta Upaya Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara. (3)Bagaimanakah Implikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah Teori Behavioristik dari Skinner dan Teori Konstruktivistik dari Lev Vgotsy. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas IV, guru Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti beserta siswa kelas IV SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian: (1)Bentuk-bentuk Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa kelas IV melalui metode pembiasaan, metode keteladanan,media gambar hindu dan kegiatan praktek keagamaan. (2) Kendala berserta upaya implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa kelas IV yakni kendala eksternal yaitu orang tua, kurangnya waktu belajar dan masalah pendidik. Upaya yang dilakukan yaitu orang tua ikut serta membimbing siswa dan perbaikan proses pembelajaran. (3) Implikasi dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter religius siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tonja Denpasar Utara adalah siswa terbiasa menerapkan 3S senyum, sapa, salam, siswa hafal dan rajin melakukan Tri Sandya, siswa terbiasa menggunakan tangan kanan dan siswa terbiasa doa sebelum makan.
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Karakter Religius.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:34
Last Modified: 02 Dec 2025 04:34
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item
View Item