I MADE INDRA GUNAWAN, - (2022) PENGGUNAAN LEARING MANAGEMENT SYSTEM DWIJENDRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SECARA DARING DI KELAS XI SMA DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011029_I MADE INDRA GUNAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Learning Management System Dwijendra merupakan salah satu media pembelajaran berbasis e-learning yang digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti saat ini tanpa mengurangi makna dari proses pembelajaran tersebut. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring di kelas XI SMA Dwijendra Denpasar?, (2) Apa upaya yang dilakukan dalam optimalisasi penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring di kelas XI SMA Dwijendra Denpasar?, (3) Bagaimana implikasi penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring di kelas XI SMA Dwijendra Denpasar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring di kelas XI SMA Dwijendra Denpasar, (2) Upaya yang dilakukan dalam optimalisasi penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring di kelas XI SMA Dwijendra Denpasar, (3) Implikasi penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring di kelas XI SMA Dwijendra Denpasar. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori Konstruktivistik, dari J. Piaget dan teori Behavioristik dari Ivan P. Pavlov. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Dwijendra Denpasar. Metode pengumpulan data adalah observasi partisipasi pasif, wawancara tak terstruktur, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Learning Management System Dwijendra sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti secara daring terdiri dari kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan dan kegiatan evaluasi. Upaya yang dilakukan dalam optimalisasi penggunaan Learning Management System Dwijendra meliputi upaya dari sekolah dan upaya dari pendidik. Implikasi penggunaan Learning Management System Dwijendra meliputi implikasi bagi pendidik dan implikasi bagi peserta didik.
Kata Kunci: Learning Management System Dwijendra, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:46 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:46 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1067 |

