I PUTU SHANDY PALGUNA UTAMA, - (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SMP WIDYA SAKTI DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011034_I PUTU SHANDY PALGUNA UTAMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Media pembelajaran audio visual adalah media perantara yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga membangun kondisi yang dapat membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang dipergunakan untuk membantu tercapainya tujuan belajar. Pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti adalah proses pembelajaran peserta didik untuk menjalankan pilar-pilar keberagamaan yang meliputi Tattwa, Susila, dan Acara.
Permasalahan yang dibahas yaitu (1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Widya Sakti Denpasar?, (2) Bagaimanakah penerapan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Widya Sakti Denpasar?, (3) Bagaimanakah implikasi media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP Widya Sakti Denpasar?
Tujuan penelitian untuk menganalisis tentang implementasi media pembelajaran audio visual pada pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti di kelas VII SMP Widya Sakti Denpasar. Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah yaitu teori kognitif dari Piaget dan teori kerucut pengalaman dari Edgar Dale. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan, studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukan: (1) pengembangan media audio visual diperlukan analisis silabus dan analisis kebutuhan sarana dan prasarana. (2) penerapan media audio visual terdapat proses penggunaan yang dilakukan oleh guru saat mengajar di dalam kelas. Dalam proses penggunaan media audio visual tidak luput dengan adanya kendala yang dialami baik itu kendala yang dialami peserta didik maupun guru. Untuk menangani kendala tersebut, guru dan peserta didik harus memiliki upaya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran menggunakan media audio visual. (3) dalam mengimplementasikan media audio visual terdapat implikasi terhadap guru dan peserta didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Audio Visual, Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:46 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:46 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1069 |

