AYU KADEK TRI BHUANA, - (2022) PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1811011040_AYU KADEK TRI BHUANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Pandemi covid-19 membawa pengaruh bagi semua aspek kehidupan termasuk pada dunia pendidikan termasuk pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet sebagai upaya pencegahan virus covid-19 semakin meluas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti merasa tertarik untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Bagaimana persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar? (2) Bagaimana dampak yang dirasakan peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar?
Jenis penelitian ini adalah survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah kuisioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan 28 butir pernyataan. Uji coba penelitian dilakukan pada 30 peserta didik. Semua butir soal dinyatakan valid dan reliabel (r hitung =0,361). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang beragama Hindu berjumlah 227 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 69 peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebanyak 22 responden (31,88%) mempunyai persepsi yang sangat baik, 25 responden (36,23%) mempunyai persepsi yang baik, 21 responden (30,43%) mempunyai persepsi yang cukup, 1 responden (1,45%) mempunyai persepsi tidak baik, dan tidak ada responden mempunyai persepsi yang sangat tidak baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti sebagian besar adalah baik.
Kata Kunci: Persepsi Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | ulan |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 06:02 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 06:02 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1072 |

