PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

PUTU ADISTIRA DHARMA PUTRI, - (2022) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011043_PUTU ADISTIRA DHARMA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini membahas upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share pada siswa kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Data diperoleh melalui post test dan observasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Ketiga komponen analisis tersebut data reduction, data display, dan conclusion drawing (reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan) dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sejak proses pengumpulan data dilakukan sampai penyajian data.
Berdasarkan hasil observasi awal, dalam proses pembelajaran didapat hasil belajar siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share pada kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share adalah suatu pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok berpasangan untuk menetapkan tujuan bersama. Kajian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu kelas VII SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Pendidikan Agama Hindu lebih baik dari pada sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut. Karena sudah terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembejalaran kooperatif merupakan langkah yang tepat. Dengan model ini siswa menjadi lebih paham, karena pembelajaran menjadi lebih kongkrit dan realistis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar Think Pair and Share dapat diterapkan pada konsep lain.
Kata Kunci : Hasil belajar, Pendidikan Agama Hindu, Think Pair and Share.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 02 Dec 2025 06:18
Last Modified: 02 Dec 2025 06:18
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item
View Item