POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI PASRAMAN PURWA DHARMA 12 DESA BARUREJO KECAMATAN SILIRAGUNG KABUPATEN BANYUWANGI

NI MADE PRAMESTI LINGGA DEWI, - (2022) POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI PASRAMAN PURWA DHARMA 12 DESA BARUREJO KECAMATAN SILIRAGUNG KABUPATEN BANYUWANGI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011046_NI MADE PRAMESTI LINGGA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Paraman ini merupakan suatu hal yang penting bagi masyarakat Desa Barurejo yang menerapkan berbagai pola pembelajaran sebagai pelengkap daripada pendidikan formal sehingga layak untuk diteliti. Adapun rumusan masalah yang dibahas yang diangkat; (1) Pola pembelajaran Pendidikan Agama Hindu yang diterapkan di Pasraman Purwa Dharma 12, (2) Upaya yang dilakukan dalam penerapan pola pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Pasraman Purwa Dharma 12, (3) Dampak dari pola pembelajaran Pendidikan Agama Hindu bagi peserta di Pasraman Purwa Dharma 12. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori-teori Kognitif, teori Behavioristik dan teori Taksonomi. Lokasi penelitian ini yaitu di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, teknik pengumpulan data adalah observasi nonpasrtisipasi, metode wawancara tidak terstruktur atau wawancara campuran dan metode kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.
Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif didapatkan hasil; (1) terdapat tiga pola pembelajaran yang digunakan yaitu pola pembelajaran kelas rangkap, pola pembelajaran Hindu dan pola pembelajaran berbasis lingkungan. (2) upaya yang dilakukan dalam penerapan pola pembelajaran Pendidikan Agama Hindu meliputi; (a) penyesuaian materi ajar dengan kurikulum, (b) pendekatan religius kepada peserta didik dan, (c) penerapan pembelajaran yang inovatif. (3) dampak dari penerapan pola pembelajaran bagi perseta didik yaitu peningkatan sraddha dan bhakti, perubahan sikap dan perikalu serta meningkatnya kreativitas peserta didik di Pasraman Purwa Dharma 12.
Kata Kunci : pola pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu, pasraman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: ulan
Date Deposited: 02 Dec 2025 06:25
Last Modified: 02 Dec 2025 06:25
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item
View Item