I MADE RAI ADE SUTRISNA, - (2024) PERANAN GURU AGAMA HINDU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA SUPUTRA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DI SMP NEGERI 2 KUTA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171101179_I MADE RAI ADE SUTRISNA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Guru memiliki peranan dalam membentuk karakter siswa. Siswa yang baik
disebut Suputra. Perkembangan globalisasi memberi dampak positive dan negative
pada siswa. SMP Negeri 2 Kuta merupakan sekolah yang telah menerapkan media
pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT). Melalui
penerapann media ICT dalam pembelajaran Agama Hindu, guru dapat
menumbuhkembangkan karakter siswa Suputra guna menjauhkan dari pengaruh
buruk penyalahgunaannya.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah
peranan guru Agama Hindu dalam menumbuhkembangkan karakter siswa Suputra
melalui media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 2 Kuta? (2) Apa sajakah
hambatan yang dihadapi guru Agama Hindu dalam menumbuhkembangkan
karakter siswa Suputra melalui media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 2
Kuta? (3) Bagaimanakah upaya yang dilakukan guru Agama Hindu guna
menanggulangi hambatan dalam menumbuhkembangkan karakter siswa Suputra
melalui media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 2 Kuta?. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui (1) Peranan guru Agama Hindu dalam
menumbuhkembangkan karakter siswa Suputra melalui media pembelajaran
berbasis ICT di SMP Negeri 2 Kuta, (2) Hambatan yang dihadapi guru Agama
Hindu dalam menumbuhkembangkan karakter siswa Suputra melalui media
pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 2 Kuta, (3) Upaya yang dilakukan guru
Agama Hindu guna menanggulangi hambatan dalam menumbuhkembangkan
karakter siswa Suputra melalui media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 2
Kuta.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah (1) Teori Peran,
(2) Teori Behaviorisme, (3) Teori Motivasi. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dan metode kualitatif naturalistic. Subjek
penelitian ini yaitu guru Agama Hindu dan siswa beragama Hindu di SMP Negeri
2 Kuta. Objek penelitian ini yaitu upaya guru Agama Hindu dalam
menumbuhkembangkan karakter siswa Suputra melalui media pembelajaran
berbasis ICT di SMP Negeri 2 Kuta. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi
kepustakaan. Data penelitian dianalisis dengan melalukan reduksi, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peranan guru Agama Hindu yaitu
educator, informator, motivator, fasilitator, dan evaluator, (2) Hambatan yang
dialami yaitu dari factor internal yaitu minat, bakat kecerdasan, dan factor eksternal
yaitu keluarga, sekolah, masyarakat, media teknologi dan komunikasi (3) Upaya
yang dilakukan yakni dari kepala sekolah yaitu dengan fasilitas belajar, rapat dewan
guru dan orang tua siswa, dan upaya guru Agama Hindu yaitu edukasi, motivasi
belajar, komunitas belajar.
Kata Kunci : Peranan Guru, Suputra, Media ICT
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 02:31 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1078 |

