NILAI PENDIDIKAN DALAM TEKS SILAKRAMANING AGURON-GURON

I GEDE AGUS MAHENDRA ADIGUNA, - (2023) NILAI PENDIDIKAN DALAM TEKS SILAKRAMANING AGURON-GURON. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
1811011012_Gede Mahendra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Banyaknya fenomena yang terjadi didalam dunia pendidikan terkait dengan
prilaku peserta didik di zaman global ini cenderung mengalami penurunan nilai
moralitas dan pendidikan karakter agama Hindu yang ditunjukkan dengan mulai
berkurangnya sikap jujur, bekerja keras, hormat bhakti kepada guru, orang tua dan
sesamanya serta banyaknya nilai yang menyimpang dari pendidikan. Teks lontar sila
kramaning aguron-guron lebih menitikberatkan pada tuntunan-tuntunan yang harus
diterapkan oleh guru dan juga murid ketika menimba ilmu kerohanian. Siswa yang
diistilahkan dengan sisya yang disebutkan dalam teks lontar ini adalah sisya kerohanian
yang nantinya akan terjun ke dalam masyarakat menjadi panutan, khususnya yang
menyangkut kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan agama Hindu.
Guru dalam teks lontar ini merupakan seorang tokoh yang memberikan tuntunan
kepada sisya dalam rangka untuk mencapai tujuan akhir berupa moksha. Berkenaan
dengan itu, ada etika yang harus dipegang kuat oleh sisya dan diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari dalam rangka untuk mencapai pembebasan abadi sukha tan
pawali dukha. Rumusan masalah yang diajukan adalah mengenai 1. Bagaimanakah
Konsep pendidikan Dalam Teks Silakramaning Aguron-guron? 2. Makna apa sajakah
yang terdapat dalam Dalam Teks Silakramaning Aguron-guron? 3. Nilai-nilai
pendidikan apa yang terkandung dalam Teks Silakramaning Aguron-guron? Teori
yang digunakan untuk membedah adalah teori Behaviorisme, teori makna dan teori
nilai, kemudian penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif
dengan pendekatan eksperimen sehingga peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik
pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisa data bersifat induktif dan hasil
penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Sumber data
primer yang dari hasil sastra Teks Silakramaning Aguron-guron, buku-buku penunjang
lainya serta observasi di lapangan. Dari hasil analisis data maka dapat ditemukan
bahwa penelitian ini mengajarkan atau memberikan pengetahuan kepada seorang siswa
agar mempunyai etika yang baik kepada semua makhluk hidup serta menganggap
bahwa guru itu adalah orang tua saat di sekolah.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan, Teks Silakramaning Aguron-guron

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:45
Last Modified: 08 Dec 2025 02:45
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item
View Item