STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEWUJUDKAN SIKAP MODERAT SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEMARAPURA KLOD

NI KOMANG SRI SUGIANTARI ASIH, - (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEWUJUDKAN SIKAP MODERAT SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SEMARAPURA KLOD. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of 1811011014_NI KOMANG SRI SUGIANTARI ASIH.pdf] Text
1811011014_NI KOMANG SRI SUGIANTARI ASIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kekayaan alam dan
berbagai keberagaman ras, suku, bahasa, budaya dan agama. Keberagaman ini
tertuang dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika, untuk menjaga keharmonisan
pemerintah mencetuskan program moderasi beragama. Lembaga pendidikan
merupakan salah satu tempat yang sesuai untuk mengembangkan moderasi
beragama yang bertujuan untuk menjadikan siswa yang moderat dan terhindar
dari radikalisme dengan dukungan dari para tenaga pendidik.
Adapun masalah yang akan dibahas anatara lain (1) Mengapa sikap
moderat penting untuk siswa di SDN 3 Semarapura Klod?, (2) Bagaimana strategi
dari guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam mewujudkan siswa
yang moderat di Sekolah Dasar Negeri 3 Semarapura Klod?, (3) Apa implikasi
dari terwujudnya sikap moderat terhadap aspek kognitif, komptensi pembelajaran
dan psikomotorik siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Semarapura Klod di SDN 3
Semarapura Klod?
Teori yang digunakan adalah (1) Teori Humanistik dari Abraham Maslow,
(2) Teori Konstruktivistik dari Vyogotsky, dan (3) Teori Behavioristik dari
Watson. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-
partisipan, wawancara terstruktur, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang
telah terkumpul dianalisis dengan metode fenomonologi kualitatif dengan langkah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Pentingnya sikap moderat bagi
siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Semarapura Klod, (2) Strategi yang digunakan
oleh guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Negeri 3
Semarapura Klod dalam mewujudkan sikap moderat siswa adalah strategi
pembelajaran Problem Based Learning, metode diskusi dan materi-materi
penunjang terwujudnya siswa yang moderat. (3) implikasi dari terwujudnya sikap
moderat siswa terhadap aspek kognitif, komptensi pembelajaran dan psikomotorik
siswa yang ada di Sekolah Dasar Negeri 3 Semarapura Klod.
Kata kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Sikap Moderat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:54
Last Modified: 08 Dec 2025 02:54
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item
View Item