STRATEGI GURU AGAMA HINDU UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI 5 DENPASAR

I WAYAN PRAMA MERTA SUDANIA, - (2024) STRATEGI GURU AGAMA HINDU UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI 5 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
1811011045_I WAYAN PRAMA MERTA SUDANIA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan, karena
pendidikan sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai kemanusiaan
sehingga terbentuknya manusia seutuhnya. Pendidikan tentunya berhubungan erat
dengan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran sendiri akan berjalan dengan lancar
apabila seorang guru memiliki suatu strategi yang tepat. Adapun salah satu nilai
karakter yang digalakkan oleh pemerintah adalah nilai karakter religius.
Adapun permasalahan yang akan dibahas yaitu 1) strategi guru agama
Hindu untuk menumbuh kembangkan karakter religius siswa. 2) faktor
penghambat dan kendala guru agama Hindu dalam penerapan strategi menumbuh
kembangkan karakter religius siswa. 3) upaya guru agama Hindu dalam mengatasi
hambatan dan kendala penerapan strategi penumbuh kembangan karakter religius
siswa. Tujuan dari skripsi ini sendiri adalah untuk mengetahui strategi, kendala
serta upaya yang dilakukan agar nantinya dapat digunakan sebagai pertimbangan
para pendidik.
Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu, teori konstruktivisme dan
behaviorisme. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi,
kepustakaan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu: Reduksi,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan 1) strategi yang digunakan yaitu, Problem
based learning, Project based learning, Discovery learning dan juga menggunakan
beberapa metode untuk melengkapin starteginya seperti ceramah, diskusi, tanyajawab dan
praktik. 2) faktor terjadinya kendala yaitu faktor siswa, yang memiliki karakter
yang berbeda-beda serta terletak pada kurang terarahnya fokus siswa terhadap
proses pembelajaran. dan guru, yakni sulitnya guru menghadapi karakter peserta
didik. 3) upaya yang dilakukan yakni, upaya guru, yaitu dengan memberikan
contoh nyata pada siswa seperti mencontohkan keteladanan yang baik dalam
berperilaku, menciptakan lingkungan yang kondusif. Dan upaya yang dilakuka
sekolah sebagai wadah dalam aktivitas hal pembelajaran yakni dengan kegiatan
menyenangkan disalurkan ke dalam banyak bentuk pembiasaan dan kegiatan
keagamaan untuk menunjang keterampilan peserta didik.
Kata kunci: Strategi, Agama Hindu, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:13
Last Modified: 08 Dec 2025 03:13
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item
View Item