IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 MENGWI KABUPATEN BADUNG

I PUTU GEDE UPADANA, - (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 MENGWI KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
1911011022_I PUTU GEDE UPADANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini mengusung tema moderasi beragama di lingkungan pendidikan,
khususnya di SMP Negeri 6 Mengwi, Kabupaten Badung. Tujuan utamanya adalah
untuk memahami dampak pemahaman nilai-nilai moderasi beragama terhadap
perilaku siswa kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan pendekatan naturalis di lapangan. Data dikumpulkan melalui
wawancara dengan berbagai pihak terkait, seperti kepala sekolah, wali kelas, guru
agama Hindu, dan siswa kelas VII. Penelitian dilakukan selama tiga bulan pada tahun
pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai
moderasi beragama di SMP Negeri 6 Mengwi terlihat dalam berbagai aspek
pembelajaran dan kegiatan di sekolah. Siswa memiliki pemahaman yang baik tentang
toleransi, nasionalisme, dan menghargai keberagaman. Mereka juga menunjukkan
sikap menghormati dan menerima perbedaan, serta memiliki kemampuan untuk
mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari
penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak juga terlihat dalam
perubahan sikap siswa. Mereka menjadi lebih terbuka, menerima perbedaan pendapat,
dan mampu berdiskusi secara konstruktif. Selain itu, siswa juga menunjukkan sikap
bertanggung jawab dalam pembagian tugas dan menerima kritik dengan baik.
Penelitian ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang bagaimana penerapan
moderasi beragama memengaruhi perilaku siswa di Negeri 6 Mengwi. Hasilnya
menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan sikap toleransi,
menghargai keberagaman, dan membangun karakter positif pada siswa.
Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:15
Last Modified: 08 Dec 2025 05:15
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item
View Item