IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP DHARMA PRAJA DENPASAR

NI KADEK WINDI SARI, - (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP DHARMA PRAJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
1911011056_NI KADEK WINDI SARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini meneliti tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP
Dharma Praja Denpasar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama hindu dan
budi pekerti kelas VII di SMP Dharma Praja Denpasar. 2) Untuk menemukan
kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala
penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama hindu dan
budi pekerti kelas VII di SMP Dharma Praja Denpasar.3) Untuk mendeskripsikan
implikasi dari penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama
hindu dan budi pekerti kelas VII di SMP Dharma Praja Denpasar. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif studi fenomenologi dengan metode kualitatif
dan menggunakan dua teori yaitu humanistik dan kontruktivisme. Pengambilan
data dilakukan dengan metode observasi ,wawancara, dokumentasi, dan
pengecekan keabsahan data kualitatif.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan kurikulum merdeka
pada pembelajaran pendidikan agama hindu mengutamakan asas kemerdekaan
siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan anak didik diberikan kebebasan untuk
memproses aktivitas berpikirnya hingga mampu dapat menemukan realitas
kebenaran tentang realitas itu. 2)Kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan
untuk mengatasi penerapan kurikulum yaitu: kurangnya pemahaman guru terkait
cara menerapkan kurikulum merdeka, Kesulitan membuat modul ajar atau
perencanaan, serta guru mengalami permasalahan di format asesmen diagnostik,
formatif, dan sumatif yang masih dibuat secara manual karena belum ada format
dari pusat. Upayanya yaitu guru pembelajaran mengikuti sosialisasi dan pelatihan,
guru mengikuti MGMP. 3)Implikasi dari penerapan kurikulum merdeka pada
pembelajaran Agama Hindu yaitu: Implikasi terhadap kinerja Guru Pendidikan
Agama Hindu, implikasi terhadap sikap perilaku peserta didik, terhadap
pengetahuan dan keterampilan peserta didik, implikasi terhadap pembangunan
karakter peserta didik, implikasi terhadap lingkungan.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum merdeka, pendidikan agama hindu dan budi pekerti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 08 Dec 2025 05:49
Last Modified: 08 Dec 2025 05:49
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item
View Item