NI PUTU LALA FITRIANA SARI, - (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS TRI HITA KARANA PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1911011078_NI PUTU LALA FITRIANA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Abstrak
Dewasa ini ada beberapa permasalahan yang muncul di dunia pendidikan yang semakin
kompleks dengan berbagai implikasinya. Kebiasaan menyimpang yang dilakukan oleh generasi
muda menyebabkan munculnya degradasi moral, khususnya pada kalangan pelajar. Berbagai
khasus dan permasalahan ini dianggap sebagai pelanggaran terhadap nilai-nilai Pancasila.
Kemendikbud sebagai kementerian yang menaungi dunia pendidikan telah merancang upaya-
upaya dan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya adalah gagasan
sekolah penggerak yang akan mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil yang dimaksud adalah
enam hal yang menjadi indikator profil pelajar Pancasila yaitu berakhlak mulia, mandiri, bernalar
kritis, kreatif, bergotong royong dan berkebhinekaan global. Suatu fenomena di SMP Negeri 10
Denpasar sudah menerapkan profil pelajar Pancasila yang sangat menarik untuk diteliti.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Mengapakah profil pelajar Pancasila
penting diintegrasikan dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis Tri Hita Karana pada
siswa di SMP Negeri 10 Denpasar? (2) Strategi apakah yang diimplementasikan guru dalam
mengintegrasikan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis
Tri Hita Karana pada siswa di SMP Negeri 10 Denpasar? (3) Bagaimanakah implikasi dari
pengintegrasian profil pelajar Pancasila terhadap pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis
Tri Hita Karana pada siswa di SMP Negeri 10 Denpasar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab penerapan profil pelajar Pancasila dalam
pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis Tri Hita Karana pada siswa di SMP Negeri 10
Denpasar. (2) Mengetahui strategi yang digunakan guru dalam implementasi profil pelajar
Pancasila dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis Tri Hita Karana pada siswa di
SMP Negeri 10 Denpasar, (3) Menganalisis implikasi dari implementasi profil pelajar Pancasila
dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis Tri Hita Karana pada siswa di SMP Negeri
10 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori-teori Konstruktivisme
dari Von Glasersfeld dan Piaget, teori Humanistik dari Amalia dan Haryu, teori Motivasi dari
Yudhawati dan Haryanto. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru
Pendidikan Agama Hindu, dan peserta didik di SMP Negeri 10 Denpasar, Metode pengumpulan
data adalah observasi, wawancara dan kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan
simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) SMP Negeri 10 Denpasar sudah menerapkan profil
pelajar Pancasila yang disebabkan oleh beberapa faktor (2) Guru pendidikan agama Hindu dan
Budi Pekerti di SMP Negeri 10 Denpasar menggunakan strategi khusus untuk menerapkan profil
pelajar Pancasila (3) Implikasi yang terjadi yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa,
meningkatkan kreatifitas siswa, dan dapat meningkatkan kemandirian siswa.
Kata kunci : Profil Pelajar Pancasila, Tri Hita Karana.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 03:27 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 03:27 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1094 |

