POTENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM PENGINTEGRASIAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NOMOR 7 DALUNG KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG

NI MADE NITARIANI, - (2024) POTENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM PENGINTEGRASIAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NOMOR 7 DALUNG KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
1911011082_NI MADE NITARIANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Fenomena di masyarakat yang seringkali terjadinya konflik non militer berdimensi
sosial budaya yaitu agama kerap menjadi perhatian. Konsep moderasi beragama
pun digaungkan serta diintegrasikan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama
Hindu pada jenjang sekolah, termasuk di Sekolah Dasar Nomor 7 Dalung yang
memiliki keberagaman agama yang dianut oleh siswanya. Oleh karena itu
pentingnya memperhatikan bagaimana potensi mata pelajaran Pendidikan Agama
Hindu dalam penginetgrasian moderasi beragama yang dalam penelitian ini pada
siswa kelas VI agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Adapun rumusan masalah
yang akan dibahas antara lain (1) bagaimanakah potensi silabus mata pelajaran
Pendidikan Agama Hindu?, (2) bagaimanakah potensi guru mata pelajaran
Pendidikan Agama Hindu?, dan (3) bagaimana upaya optimalisasi potensi mata
pelajaran Pendidikan Agama Hindu dalam pengintegrasian moderasi beragama
bagi siswa kelas VI di Sekolah Dasar Nomor 7 Dalung, Kecamatan Kuta Utara,
Kabupaten Badung. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori
rekonstruksionisme untuk membedah rumusan masalah pertama dan teori
pengembangan guru untuk membedah rumusan masalah kedua dan rumusan ketiga.
Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi, wawancara,
dokumentasi dan studi pustaka. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
metode kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) potensi silabus mata
pelajaran Pendidikan Agama Hindu yakni pokok bahasasan Bhagavadgita, Panca
Sraddha, Tat Tvam Asi, Sad Ripu dan Tri Rna memuat muatan moderasi beragama
yaitu kemanusiaan, kemaslahatan umum, adil, berimbang, taat konstitusi, toleransi,
anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan penerimaan terhadap tradisi. (2) potensi
guru mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu mampu diterapkan guru dengan 4
kompetensi guru, (3) upaya optimalisasi potensi mata pelajaran Pendidikan Agama
Hindu yakni dengan menguatkan komponen silabus, pengadaan pelatihan keguruan
serta guru mengikuti webinar moderasi beragama.
Kata Kunci: potensi, mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu, moderasi beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:32
Last Modified: 09 Dec 2025 03:32
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item
View Item