I WAYAN BAYU ASTRA WIGUNA, - (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PENEBEL. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1911011109_I WAYAN BAYU ASTRAWIGUNA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak
Kurikulum merupakan seperangkat rencana pembelajaran yang berkaitan
dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sehingga dijadikan sebagai
pedoman dalam penyelenggaraan pembelajaran yang kekinian adalah guru yang
selalu mengembangkan kemampuan dirinya untuk mengelola pembelajarannya
menjadi beraneka ragam tipe sesuai kebutuhan siswa. Adapun permasalahan
yang akan dibahas antara lain: (1) Bagaimanakah implementasi kurikulum merdeka
pada pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas X di
SMA Negeri 1 Penebel? (2) Kendala apakah yang terjadi dalam implementasi
kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Penebel? (3) Upaya apa saja yang dilakukan guru
untuk mengatasi kendala dalam implementasi kurikulum merdeka siswa kelas X di
SMA Negeri 1 Penebel?
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah teori
behavioristik dan konstruktifvistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif ex post facto. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi
non partisipan, wawancara tidak terstruktur, studi kepustakaan, teknik
dokumentasi, teknik analisis data, reduksi data, data display (Penyajian data),
kesimpulan dan verifikasi, penyajian hasil analisis data penelitian secara formal dan
informal.
Hasil penelitian menunjukan implementasi kurikulum merdeka pada
pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMA
Negeri 1 Penebel memiliki 4 aspek yang paling utama yaitu tahap perencanaan,
tahapan pelaksanaan, tahapan evaluasi, serta tahap pelaksanaan kegiatan projek
penguatan profil pancasila ( P5). Kendala yang terjadi dalam implementasi
kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
siswa kelas X di SMA Negeri 1 Penebel yaitu : kendala yang dihadapi guru dalam
implementasi kurikulum merdeka yaitu guru belum memahami bagaimana
pembelajaran kurikulum merdeka, kurangnya memanajemen waktu saat
pembelajaran, kurangnya disiplin siswa pada saat melaksanakan kegiatan projek
penguatan profil pancasila P5, dan kendala siswa dalam implementasi kurikulum
merdeka. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam implementasi
kurikulum merdeka siswa kelas X di SMA Negeri 1 Penebel adapunupaya yang
dilakukan yaitu: pengadaan workshop untuk guru, upaya optimalisasi waktu pembelajaran, pemberian game yang menarik ditengah pembelajaran,
peningkatan penambahan materi terhadap siswa.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:15 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1100 |

