NI PUTU IDA LASYANA DEWI, - (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMP WIDYA SAKTI DENPASAR TAHUN AJARAN 2023-2024. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2011011001_Ni Putu Ida Lasyana Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Abstrak
Meningkatkan motivasi dalam dunia pendidikan untuk mencapai hasil
belajar yang akurat dan bagus adalah masalah yang sedang dihadapi oleh
tenaga pendidik Indonesia. Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar
merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar
mengajar yang telah dicapai siswa selama waktu yang telah ditentukan.
Adapun Masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Siswa di SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Ajaran 2023 – 2024. (2)
Bagaimana Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti Siswa di SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Ajaran 2023 –
2024. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi Belajar Siswa
dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu
dan Budi Pekerti Siswa di SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Ajaran 2023 –
2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh
motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa di SMP Widya Sakti Denpasar tahun
ajaran 2023 - 2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa menengah
pertama di SMP Widya Sakti Denpasar dari tahun akademik 2023–2024,
pemilihan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sehingga
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik agama hindu dan budi pekerti
kelas SMP Widya Sakti berjumlah 125 responden.
Motivasi memainkan peran penting dalam aktivitas belajar. Tanpa motivasi,
seseorang tidak akan melakukan kegiatan belajar, motivasi belajar yaitu
keseringan siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh
keinginan untuk mencapai hasil belajar sebaik mungkin. Motivasi adalah daya
yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi dapat
digunakan untuk mendorong subjek untuk melakukan hal-hal tertentu untuk
mencapai suatu tujuan. Hasil belajar menunjukkan seberapa jauh siswa dapat
menangkap, memahami, dan mendapatkan materi pelajaran tertentu setelah
mengalami proses pengalihan ilmu pengetahuan dari seseorang yang dapat
dikatakan dewasa atau kurang pengetahuan.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi
Pekerti Siswa di SMP Widya Sakti Denpasar memperoleh nilai p value sebesar
0,037, berarti motivasi belajar (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti
Siswa di SMP Widya Sakti Denpasar. Diharapkan kepada pihak sekolah
khususnya guru dapat selalu memberikan dan memperhatikan motivasi belajar
siswa agar hasil belajar siswa khususnya di mata pelajaran Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti di masa mendatang lebih baik lagi
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:30 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:30 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1102 |

