NI PUTU CHANDRA ARINI, - (2024) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KESADARAN SPIRITUAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SMK NEGERI 3 TABANAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2011011007_Ni Putu Chandra Arini.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Abstrak
Pada era pendidikan seperti saat ini, peran guru Pendidikan Agama Hindu
dalam membentuk kesadaran spiritual siswa di sekolah menjadi semakin penting.
Pendidikan agama Hindu memiliki potensi besar untuk membantu mereka
menemukan makna dalam hidup, mengembangkan nilai-nilai spiritual, dan
menjalani kehidupan yang bermakna. Oleh karena itu diperlukan peranan guru
dalam membentuk kesadaran spiritual siswa pada pembelajaran Pendidikan agama
hindu di SMK Negeri 3 Tabanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
guru dalam (1) membentuk kesadaran spiritual siswa pada pembelajaran pendidikan
agama hindu, (2) untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi
kendala-kendala dalam membentuk kesadaran spiritual siswa pada pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu, dan (3) untuk mengetahui kendala-kendala yang
dihadapi oleh guru dalam membentuk kesadaran spiritual siswa pada pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini
yaitu teori behavioristik, teori kognitif dan teori humanistik. Metode pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi
dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)
peran guru dalam membentuk kesadaran spiritual siswa pada pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu di SMK Negeri 3 Tabanan. Guru berperan sebagai agen
pembentuk nilai-nilai spiritual siswa dengan memanfaatkan prinsip-prinsip
behavioristik dan pemahaman mendalam tentang ajaran Hindu. 2) Strategi yang
digunakan guru meliputi penggunaan sumber belajar variatif, pendekatan interaktif,
kegiatan praktis, dan kolaborasi dengan orang tua. 3) Kendala yang dihadapi guru
melibatkan manajemen teliti dan kolaborasi efektif.
Kata Kunci: Peran Guru, Kesadaran Spiritual, Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 03:37 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 03:37 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1108 |

