I MADE DAYUH KARMADI, - (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA BERDASARKAN AJARAN CATUR GURU DI SMP NEGERI HINDU 2 SUKAWATI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
2011011017_I MADE DAYUH KARMADI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Abstrak
Pendidikan bertujuan membentuk generasi muda yang seutuhnya memiliki
kecerdasan intelektual, spiritual, pengendalian kepribadian, keterampilan, sikap,
dan mengembangkan potensi dalam diri. Guru menjadi aktor utama sebagai
penentu keberhasilan pembentukan karakter di sekolah, dengan demikian guru
harus mampu menerapkan strategi mengajar yang mampu mengakomodasi
pembentukan karakter siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) Strategi apa saja yang guru
Pendidikan Agama Hindu lakukan dalam penguatan ajaran Catur Guru Di SMP
Negeri Hindu 2 Sukawati? 2)Kendala apa saja ya ng dialami guru Pendidikan
Agama Hindu dalam penguatan ajaran Catur Guru di SMP Negeri Hindu 2
Sukawati? dan 3) Bagaimanakah upaya guru Pendidikan Agama Hindu untuk
mengatasi kendala penguatan ajaran Catur Guru di SMP Negeri Hindu 2
Sukawati?.Tujuan penelitian; 1) Untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan
Agama Hindu dalam Penguatan Karakter Siswa Berdasarkan Ajaran Catur Guru di
SMP Negeri Hindu 2 Sukawati, 2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami
guru dalam Penguatan Karakter Siswa Berdasarkan Ajaran Catur Guru di SMP
Negeri Hindu 2 Sukawati, dan 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru
pendidikan agama Hindu untuk mengatasi Penguatan Karakter Siswa Berdasarkan
Ajaran Catur Guru di SMP Negeri Hindu 2 Sukawati. Jenis penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
teologis untuk mengetahui sejauh mana pendidikan agama Hindu yang dipakai
sebagai pedoman dalam Strategi Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Penguatan
Karakter Siswa Berdasarkan Ajaran Catur Guru.
Penelitian ini menggunakan Purposive sampling dan Metode pengumpulan
data yang dipergunakan penelitian ini adalah pengamatan langsung (observasi) dan
wawancara, wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Hindu
dan peserta didik. Kendala yang dihadapi adalah Kendala internal dan external.
Selain itu ada juga Kendala dari lingkungan keluarga, kendala dari lingkungan
sekolah, dan kendala dari lingkungan Masyarakat. 3) Upaya yang dilakukan
meliputi memberi motivasi tentang ajaran Catur Guru
Kata kunci : Strategi Guru,Pendidikan Agama Hindu, Karakter Siswa, Ajaran Catur Guru
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
| Depositing User: | Tude |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:49 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:49 |
| URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1117 |

