PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA BERLANDASKAN TRI HITA KARANA PADA SISWA KELAS VII DI SMP WISATA SANUR

I NYOMAN WIRYA MALYAMBARA, - (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA BERLANDASKAN TRI HITA KARANA PADA SISWA KELAS VII DI SMP WISATA SANUR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
2011011019_I Nyoman Wirya Malyambara.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri. Adapun masalah yang akan
dibahas antara lain (1) Bagaimana Penerapan Profil Pelajar Pancasila berlandaskan
Tri Hita Karana pada siswa di SMP Wisata Sanur (2) Bagaimana strategi Guru
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam mengatasi kendala dalam
penerapan Profil Pelajar Pancasila (3) Bagaimana implikasi dalam Penerapan Profil
Pelajar Pancasila pada siswa di SMP Wisata Sanur. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1) Upaya Penerapan Profil Pelajar Pancasila berlandaskan Tri Hita
Karana pada siswa kelas VII di SMP Wisata Sanur (2) Apa saja strategi dalam
mengatasi kendala yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
dalam Penerapan Profil Pelajar Pancasila (3) Apa saja implikasi penerapan Profil
Pelajar Pancasila pada siswa kelas VII di SMP Wisata Sanur. Teori yang digunakan
untuk menganalisis adalah Teori Konvergensi dari William Stern dan Teori
Motivasi dari H.Masllow. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Wisata
Sanur, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti, Siswa kelas VII SMP Wisata Sanur. Metode pengumpulan data adalah
Metode Observasi, wawancara, dan kepustakaan. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah langkah
reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan
(1) Penerapan Profil Pelajar Pancasila berlandaskan Tri Hita Karana di SMP Wisata
Sanur diterapkan dengan baik oleh siswa serta seluruh masyarakat di SMP Wisata
Sanur. (2) Kendala dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila secara internal dan
eksternal teratasi dengan startegi yang dirancang oleh Guru Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Kepala Sekolah SMP
Wisata Sanur. (3) Profil Pelajar Pancasila memberikan implikasi yang baik kepada
siswa dan guru di SMP Wisata Sanur.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Profil Pelajar Pancasila, Tri Hita Karana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:12
Last Modified: 17 Dec 2025 03:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item
View Item