PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP HARAPAN NUSANTARA, DENPASAR UTARA

I GEDE PURNA WIJAYA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMP HARAPAN NUSANTARA, DENPASAR UTARA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
2011011020_I Gede Purna Wijaya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Di SMP Harapan Nusantara,
Denpasar Utara. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan
desain Non-equivalent Control Group Design, yang dilaksanakan untuk
mengetahui pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian
ini berjumlah 46 orang siswa kelas VII di SMP Harapan Nusantara. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan alat ukur berupa
pre-test dan post-test yang melalui uji validitas isi dan validitas empiris, tes
1kesukaran dan uji daya beda. Data yang diperoleh berskala ordinal, yang diolah
dengan bantuan program IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa
thitung>ttabel dengan memperoleh angka 4,668 dengan taraf signifikansi sebesar
0,000. Jika angka signifikansi Sig.(2-tailed) < 0,05 dari hasil analisis uji
Independent T-Test. Maka membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas
VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMP
Harapan Nusantara, Denpasar Utara.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Hindu Ddan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Tude
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:18
Last Modified: 17 Dec 2025 03:18
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item
View Item