A.A. ISTRI WAHYU BIRA DEWI, - (2021) UPAYA PENINGKATAN INCOME PITA MAHA RESORT DAN SPA PADA PANDEMI COVID-19 DI UBUD KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
1813081071_A.A. Istri Wahyu Bira Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat diandalkan dalam pembangunan nasional karena pariwisata dapat meningkatkan pendapatan nasional dan pendapatan daerah serta devisa negara. Menjelang akhir tahun 2019, pariwisata Bali sangat terusik dengan munculnya Virus Covid-19. Salah satu yang ikut terdampak kondisi ini adalah Pita Maha Resort dan Spa. Hal ini dibuktikan dengan terus menurunnya jumlah kunjungan wisatawan yang ada. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana cara bertahan Pita Maha Resort dan Spa di tengah situasi covid 19. 2) Apa saja kendala yang dialami Pita Maha Resort dan Spa. 3) Bagaimanakah upaya meningkatkan pendapatan di tengah pandemi COVID-19 di Pita Maha Resort dan Spa. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan teori manajemen dan perencanaan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi kemudian data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan yaitu purposive sampling.
Hasil penelitian ini adalah (1). Yang pertama pihak menerapkan strategi biaya rendah dimana pihak Pita Maha Resort dan Spa menyederhanakan produk yang akan mereka jual, menurunkan harga kamar dan pemberian sistem gaji sesuai jam kerja karyawan. Strategi kedua yang diterapkan disini adalah pembedaan produk dimana pihak Pita Maha Resort dan Spa menjual produk menginap yang berkonsep Tri Hita Karana. Ketiga adalah strategi fokus dimana pihak Pita Maha Resort dan Spa kini mulai berfokus kepada wisatawan domestik ditengah belum adanya penerbangan mancanegara ke Bali. (2). Kendala berupa pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah yang mana hal tersebut mengakibatkan sulitnya wisatawan datang ke Bali. Kendala lain yang perlu diperhatikan juga adalah biaya marketing yang tidak ada. Selain itu perang harga kamar yang dilakukan Pita Maha Resort dan Spa satu dan lainnya demi memikat hati wisatawan membuat harga terjun bebas dan menyulitkan pihak Pita Maha Resort dan Spa. (3) Potongan harga atas pemesanan kamar hingga diatas lima puluh persen. Selain itu wisatawan yang memesan kamar dapat merubah jadwal reservasi sesuai dengan waktu yang diinginkan. Selain itu pihak Pita Maha Resort dan Spa juga melakukan penyesuaian jumlah karyawan dan menyederhanakan menu yang dimiliki.
Kata Kunci: strategi bertahan, income, pariwisata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 03:11 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:11 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/156 |