PENGEMBANGAN POTENSI DESA PIKAT SEBAGAI DESA WISATA BERBASIS MASYARAKAT LOKAL DI KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG

MADE WAHYU DWI PRADNYANI, - (2021) PENGEMBANGAN POTENSI DESA PIKAT SEBAGAI DESA WISATA BERBASIS MASYARAKAT LOKAL DI KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171308122_Made Wahyu Dwi Pradnyani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Desa Pikat memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Berbagai potensi yang dimiliki seperti keindahan panorama alam desa yang dikelilingi perbukitan, keunikan tradisi budaya, serta partisipasi masyarakat lokal dalam mendukung pengembangan Desa Pikat sebagai desa wisata berbasis masyarakat lokal. Namun, berbagai potensi tersebut belum digarap secara maksimal, untuk itu penelitian ini dianggap penting agar dapat memberikan rekomendasi dalam pengembangannya lebih lanjut.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: (1) Apa potensi yang dimiliki Desa Pikat sebagai desa wisata berbasis masyarakat lokal?, (2) Bagaimana strategi pengembangan Desa Pikat sebagai desa wisata berbasis masyarakat lokal?, (3) Apa implikasi pengembangan Desa Pikat sebagai desa wisata bagi masyarakat setempat?. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan teori Praktik Sosial dan teori Interaksionalisme Simbolik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif, matriks IE (Internal Eksternal) serta analisis SWOT dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa potensi yang ada di Desa Pikat meliputi potensi alam, potensi budaya, dan potensi buatan. Penentuan strategi pengembangan potensi wisata Desa Pikat diawali dengan menganalisis faktor lingkungan internal dan faktor eksternal yang meliputi kekuatan, kelemahanm peluang dan ancaman. Berdasarkan matriks IE (Internal Eksternal) menyatakan bahwa posisi pengembangan Desa Wisata Pikat berada di kuadran I dengan nilai faktor internal 3,07 dan faktor eksternal 3,09. Strategi yang diperlukan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Pikat meliputi strategi mengembangkan atau memodifikasi produk dan jasa yang sudah ada saat ini, peningkatan media promosi, peningkatan kerjasama dengan pihak lain, memperluas pasar, dan strategi yang paling penting adalah meningkatkan pemberdayaan dalam keterlibatan masyarakat lokal, sedangkan implikasi dari pengembangan Desa Wisata Pikat meliputi implikasi terhadap aspek lingkungan, aspek budaya dan aspek ekonomi.
Kata Kunci: strategi pengembangan, desa wisata, pariwisata berbasis masyarakat

ABSTRACT
Pikat Village has enormous potential to be developed as a tourist village. Various potentials such as the beauty of the natural panorama of the village surrounded by hills, the uniqueness of cultural traditions, and the participation of local communities in supporting the development of Pikat Village as a local community-based tourism village. However, these various potentials have not been fully exploited, therefore this research is considered important in order to provide recommendations for further development.
The research problems are, includes: (1) What is the potential of Pikat Village as a local community-based tourism village?, (2) What is the development strategy of Pikat Village as a local community-based tourism village?, (3) What are the implications of developing Pikat Village? as a tourist village for the local community?. These problems were studied using Social Practice theory and Symbolic Interactionalism theory. This type of research is qualitative research with qualitative descriptive data analysis techniques, IE (Internal External) matrix and SWOT analysis and uses data collection methods namely observation, interviews and literature study.
The results of the study stated that the potential in Pikat Village includes natural potential, cultural potential, and artificial potential. Determining the strategy for developing the tourism potential of Pikat Village begins with analyzing internal environmental factors and external factors which include strengths, weaknesses, opportunities and threats. Based on the IE (Internal External) matrix, it states that the position of the development of Pikat Tourism Village is in quadrant I with a value of 3.07 internal factors and 3.09 external factors. The strategies needed to develop the tourism potential in Pikat Village include strategies to develop or modify existing products and services, increase promotional media, increase collaboration with other parties, expand markets, and the most important strategy is to increase empowerment in community involvement. local areas, while the implications of developing the Pikat Tourism Village include implications for environmental, cultural and economic aspects.
Keywords: development strategy, tourism village, community-based tourism

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Dharma Duta > S1 - Industri Perjalanan
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:09
Last Modified: 20 Jun 2024 03:09
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item
View Item