PAPLAJAHAN BASA BALI MÉTODE DARING RING SMP (SLUB) SARASWATI 1 DÉNPASAR

NI KADEK NIHDYA, - (2021) PAPLAJAHAN BASA BALI MÉTODE DARING RING SMP (SLUB) SARASWATI 1 DÉNPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171102111_Ni Kadek Nihdya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Bali disekolah bertujuan melestarikan bahasa Bali
sebagai alat komunikasi ditengah masyarakat. Adanya pandemi Covid-19
membuat pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran darurat sejak
pertengahan 2020 hingga kini agar proses belajar mengajar tetap berjalan.
Pembelajaran darurat adalah pembelajaran dengan memanfaatkan media
jaringan internet, yaitu secara online, dilakukan dengan siswa berinteraksi
dengan guru dari rumah masing-masing sesuai dengan surat edaran Gubernur
Bali Nomor 09/Satgas Covid-19/III/2020 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan
Pembelajaran di Rumah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian
ini yaitu: (1) Proses pembelajaran bahasa Bali metode daring di SMP (SLUB)
Saraswati 1 Denpasar (2) Masalah yang dirasakan oleh siswa selama
pembelajaran tersebut, dan (3) Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi
masalah tersebut. Teori-teori yang digunakan untuk menjawab masalah di atas
yaitu teori sikap belajar bahasa dan teori behavioristik. Penelitian ini
menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dalam mengumpulkan
data digunakan metode observasi, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi.
Data yang terkumpul diolah secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Proses pembelajaran basa Bali
metode daring di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar dibagi ke dalam tiga tahap.
(2) Masalah-masalah saat pembelajaran bahasa Bali metode daring di SMP
(SLUB) Saraswati 1 Denpasar dirasakan oleh beberapa pihak seperti guru, siswa,
dan Kepala Sekolah. (3) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi masalah
pembelajaran bahasa Bali metode daring dilakukan beberapa usaha oleh guru,
siswa dan Kepala Sekolah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
pembelajaran bahasa Bali metode daring yang dijalankan di SMP (SLUB)
Saraswati 1 Denpasar kurang efektif dan efisien karena adanya masalah-masalah
saat menjalankan pembelajaramn tersebut.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Bali, Metode Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Sastra Agama & Pendidikan Bahasa Bali
Depositing User: Tude
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:44
Last Modified: 20 Jun 2024 05:44
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item