NI PUTU EKA NILASARI, - (2021) STRATEGI GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK RATNA KUMARA SARI KELURAHAN TONJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171104111_Ni Putu Eka Nilasari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER
PADA ANAK USIA DINI DI TK RATNA KUMARA SARI
KELURAHAN TONJA DENPASAR
NI PUTU EKA NILASARI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
Denpasar
E-mail: putuekanilasari@gmail.com
Pendidikan sebagai sarana pelestarian moralitas tatanan kehidupan
manusia yang memiliki peran dan fungsi sangat penting serta efektif. Tujuan
pendidikan dalam seluruh jalur dan jenjang seharusnya mengembangkan
pembelajaran, pembiasaan, keteladanan serta kegiatan dan budaya lembaga
PAUD yang kondusif agar anak-anak menjadi cerdas dan berkarakter mulia.
Pendidikan anak usia dini, guru sebagai pendidik di sekolah, dengan demikian
pendidik harus menggunakan strategi yang baik dan tepat untuk perkembangan
anak didiknya. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain Bagaimanakah
Strategi, kendala-kendala yang dihadapi dan upaya-upaya yang dilakukan guru
dalam mengatasi kendala yang dihadapi guna menguatkan karakter anak usia dini
di TK Ratna Kumara Sari Kelurahan Tonja Denpasar?
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori
Kecerdasan Moral dari Lickona, teori Behavioristik dari John. B. Watson, Subjek
penelitian ini adalah kepala PAUD, guru wali kelas kelompok B, perwakilan
orang tua dan anak-anak dengan usia 5-6 tahun, Metode pengumpulan data adalah
observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan kepustakaan. Data yang
telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi, penyajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru dalam penguatan karaker
anak usia dini di TK Ratna Kumara Sari yaitu dengan cara melakukan tiga
tahapan yang terdiri dari Tahap perencanaan (Merancang kurikulum, program
semester, RPPM dan RPPH), Tahap Pelaksanaan (Menguatkan nilai-nilai karakter
anak melalui kegiatan pembelajaran dan pembiasaan-pembiasaan yang bernilai
karakter) dan Tahap Evaluasi (Melakukan penilaian terhadap tingkat pencapaian
perkembangan karakter anak melalui instrumen-instrumen penilaian) (2) Kendala-
kendala yang dihadapi guru dalam penguatan karakter anak usia dini di TK Ratna
Kumara Sari yaitu guru merasa kurang maksimal dalam membimbing dan
memantau perkembangan anak, keterbatasan guru dalam mengembangkan
kegiatan dan media pembelajaran selama belajar dari rumah (BDR),
keterlambatan orang tua dalam mengumpulkan dokumentasi hasil belajar anak
dan terjadinya perubahan tingkah laku serta menurunnya minat belajar anak saat belajar dari rumah (3) Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi
kendala-kendala yang dihadapi dalam penguatan karakter anak usia dini di TK
Ratna Kumara Sari yaitu dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi
sebagai alat dan media komunikasi agar kegiatan pembelajaran tetap berlangsung
dengan baik, merancang kegiatan pembelajaran yang bermuatan pendidikan
karakter, menggunakan alat media pembelajaran yang mudah didapatkan dan
menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara guru dengan orang tua
Kata Kunci: Strategi Guru, Penguatan Karakter, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:19 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:19 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/193 |