PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KEGIATAN SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK KUMARA JAYA CELUK, GIANYAR

IDA AYU EKA PRATIWI, - (2021) PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KEGIATAN SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK KUMARA JAYA CELUK, GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171104107_Ida Ayu Eka Pratiwi.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KEGIATAN SAINS ANAK KELOMPOK

B DI TK. KUMARA JAYA CELUK, SUKAWATI

IDA AYU EKA PRATIWI

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail : gekaa.pratiwi@gmail.com

Masa Kanak-kanak merupakan suatu periode pada saat individu
mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kognitif anak merupakan
pengetahuan, ingatan, kreativitas, daya pikir, serta daya nalar. Anak usia dini
dapat mengenal konsep hanya dengan bermain. Dengan bermain anak akan lebih
mudah menerima konsep-konsep tersebut daripada diajarkan seperti orang dewasa
yang sedang belajar.. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah : (1)
Bagaimanakah implementasi dan proses pembelajaran sains pada anak kelompok
B di TK. Kumara Jaya Celuk, Sukawati ? (2) Bagaimanakah kendala yang
dihadapi dalam pendekatan saintifik pada kegiatan sains permulaan pada anak
kelompok B di TK. Kumara Jaya Celuk, Sukawati ? (3) Bagaimanakah upaya
yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam pendekatan saintifik
pada kegiatan sains pada anak kelompok B di TK. Kumara Jaya Celuk, Sukawati
? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi
dan proses pembelajaran sains pada anak kelompok B di TK. Kumara Jaya Celuk,
Sukawati, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pendekatan
saintifik pada kegiatan sains pada anak kelompok B di TK. Kumara Jaya Celuk,
Sukawati, (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi
hambatan dalam pendekatan saintifik pada kegiatan sains pada anak kelompok B
di TK. Kumara Jaya Celuk, Sukawati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitaif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi dokumen
dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode
analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) pendekatan saintifik
pada kegiatan Sains permulaan di TK. Kumara Jaya sangat membantu anak sejak
dini untuk mengenal dan memahami tentang perubahan-perubahan yang terjadi
pada lingkungan sekitarnya. (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Sains
di TK. Kumara Jaya dikarenakan materi yang baku dan tema yang banyak
sehingga tidak semua masuk ke dalam kegiatan Sains.

Kata kunci : Saintifik, Sains Permulaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:43
Last Modified: 21 Jun 2024 02:43
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item