MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK TK DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI TK SARASWATI 1 DENPASAR

NI WAYAN ADNYANI, - (2021) MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK TK DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI TK SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171104104_Ni Wayan Adnyani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI
PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA
ANAK TK DI MASA PANDEMI
COVID-19: STUDI KASUS DI TK
SARASWATI 1 DENPASAR
NI WAYAN ADNYANI

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : wayanadnyani07@gmail.com

Media pembelajaran puzzle melalui pendekatan kontekstual di masa pandemi
Covid-19 sebagai salah satu penerapan pembelajaran secara daring melalui whatsapp
group dan Google Meet. Media puzzle sesungguhnya memiliki banyak manfaat bagi
anak usia dini yaitu melatih fisik motorik dan meningkatkan perkembangan kognitif
anak, seni, dan melatih kreatifitas anak melalui bermain sambil belajar.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan
Mendeskripsikan Apa yang menjadi dasar-dasar pemikiran kontek dan kondisi
interpening Media pembelajaran puzzle melalui pendekatan kontekstual pada anak
TK di masa pandemi Covid-19 Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran
puzzle melalui pendekatan kontekstual pada anak TK di masa pandemi Covid-19
Mendeskrepsikan dampak media pembelajaran puzzle melalui pendekatan
kontekstual pada anak TK di masa pandemi Covid-19 terhadap interaksi belajar di
TK Saraswati 1 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah : teori
kontruktipisme dari Piaget, dan Vygotsky, teori kognitif Jean Piaget, Metode
pengumpulan data adalah observasi non partisipan, wawancara semi terstuktur,
kepustakaaan dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode
analisis deskritif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan (1) dasar-dasar pemikiran kontek dan kondisi
interpening Media pembelajaran Puzzle melalui pendekatan kontekstual pada anak
TK di masa pandemi Covid-19 di TK Saraswati 1 Denpasar (2) penerapan media
pembelajaran puzzle melalui pendekatan kontekstual pada anak TK di masa pandemi
Covid-19: di bagi menjadi 3 tahap yaitu tahap perencanaaan, tahap pelaksanaaan,
tahap evaluasi, (3) dampak media pembelajaran puzzle melalui pendekatan
kontekstual pada anak TK di masa pandemi COVID-19 terhadap interaksi belajar
metode pembelajaran yang digunakan bermain sambil belajar, metode Tanya jawab
di TK Saraswati 1 Denpasar
Kata Kunci : Media puzzle, pendekatan kontekstual, pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:20
Last Modified: 24 Jun 2024 02:20
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item
View Item