POLA PERMAINAN BATANG KOREK API DALAM MEMOTIVASI KOGNITIF BELAJAR ANAK DI TK. KUMARASTHANA I KAPAL MENGWI, BADUNG

NI NYOMAN SRI RAHAYU, - (2021) POLA PERMAINAN BATANG KOREK API DALAM MEMOTIVASI KOGNITIF BELAJAR ANAK DI TK. KUMARASTHANA I KAPAL MENGWI, BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171104103_Ni Nyoman Sri Rahayu.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

POLA PERMAINAN BATANG KOREK API DALAM MEMOTIVASI
KOGNITIF BELAJAR ANAK DI TK. KUMARASTHANA I KAPAL,

MENGWI, BADUNG
NI NYOMAN SRI RAHAYU

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail : Ayukdanan@gmail.com

Masa Kanak-kanak merupakan suatu periode pada saat individu
mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kognitif anak merupakan
pengetahuan, ingatan, kreativitas, daya pikir, serta daya nalar. Anak usia dini
dapat mengenal konsep hanya dengan bermain. Dengan bermain anak akan lebih
mudah menerima konsep-konsep tersebut daripada diajarkan seperti orang dewasa
yang sedang belajar. anak menghitung permulaan. Permasalahan yang diangkat
dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pola permainan menggunakan batang
korek api dalam memotivasi kognitif belajar anak TK Kumarasthana I Kapal,
Mengwi, Badung?, (2) Bagaimana strategi pola permainan batang korek api dalam
memotivasi kognitif belajar anak TK Kumarasthana I Kapal, Mengwi, Badung?
(3) Bagaimana dampak pola permainan batang korek api dalam memotivasi
kognitif belajar anak TK Kumarasthana I Kapal, Mengwi, Badung? Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola permainan batang korek
api dalam memotivasi kognitif belajar anak TK Kumarasthana I Kapal, Kec.
Mengwi, Kab. Badung. Teori yang digunakan adalah teori behaviorisme.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitaif. Metode pengumpulan data
adalah observasi, wawancara, studi dokumen dan studi kepustakaan. Data yang
telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari
penelitian ini adalah Kegiatan belajar mengajar dengan pola dan strategi
permainan batang korek api diterapkan untuk memotivasi kognitif belajar anak.
Alat dan bahan dalam kegiatan pola permainan batang korek api adalah batang
korek api, lem, pensil, buku gambar, dan gunting yang dalam kegiatan dibimbing
dan diawasi oleh guru. Berdasarkan wawancara dan melihat hasil karya anak
dapat disimpulkan baha pola permainan batang korek api dapat memotivasi
kognitif belajar anak TK Kumarasthana I Kapal Mengwi.
Kata kunci : pola permainan batang korek api, kognitif belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:20
Last Modified: 24 Jun 2024 02:20
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item