PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK WIDYA KUMARA TANGEB MELALUI TARI KREASI

IDA AYU GEDE CANDRA DEWI, - (2021) PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK WIDYA KUMARA TANGEB MELALUI TARI KREASI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
171104102_Ida Ayu Gede Candra Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN
DI TK WIDYA KUMARA TANGEB MELALUI TARI KREASI

IDA AYU GEDE CANDRA DEWI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail : gustoyat236@gmail.com

Kepercayaan diri adalah sebuah perasaan dimana anak mempunyai
keyakinan tentang dirinya sendiri bahwa ia mempunyi konsep tentang diri sendiri
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu program yang
bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan anak sejak lahir sampai usia
enam tahun, agar mereka memiliki kesiapan memasuki jenjang pendidikan dasar.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana
bentuk kegiatan Tari Kreasi dalam meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4-5
di TK Widya Kumara Tangeb? (2) Mengapa Kegiatan Tari Kreasi yang dipilih
dalam meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4-5 di TK Widya Kumara
Tangeb? (3) Bagaimana dampak Kegiatan Tari Kreasi dalam meningkatkan
kepercayaan diri anak usia 4-5 di TK Widya Kumara Tangeb?
Teori yang digunakan adalah teori behavioristik menurut Jhon B. Watson
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitaif. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi dokumen dan studi
kepustakaan. Objek dari penelitian ini adalah peningkatan kepercayaan diri anak
melalui tari kreasi . Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kepercayaan diri
anak kelompok A di TK Widya Kumara Tangeb dilakukan dengan kegiatan tari
kreasi, bentuk tari kreasi yang diberikan adalah tari jangger anak, tari jaranan
dan tari Sledet pong. Proses kegiatan tari kreasi melalui tahapan-tahapan yaitu
pertemuan/rapat antara kepala sekolah, yayasan dan komite, kemudian diadakan
rapat antara kepala sekolah dan guru, selanjutnya guru menyampaikan kepada
orang tua anak tentang tari kreasi baru untuk anak. Dampak dari kegiatan tari
kreasi sangat positif dan dapat meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok
usia 4-5 tahun di TK Widya Kumara Tangeb.
Kata kunci : Kepercayaan diri, Anak Usia Dini, Tari Kreasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:20
Last Modified: 24 Jun 2024 02:20
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item