I GUSTI AYU PINATIH, - (2021) PENINGKATAN KETERLIBATAN BERBAHASA MELALUI NYANYIAN PADA ANAK USIA DINI DI PAUD ADI KUMARA DENKAYU. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
161104120_I Gusti Ayu Pinatih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
PENINGKATAN KETERLIBATAN BERBAHASA
MELALUI NYANYIAN PADA ANAK USIA DINI
DI PAUD ADI KUMARA DENKAYU
I Gusti Ayu Pinatih
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
pinatihgungayu@gmail.com
Perkembangan bahasa adalah kemampuan berkomunikasi secara lisan dengan
sekelilingnya. Kemampuan berbahasa merupakan salah satu dari bidang
pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk
meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap
perkembangannya. Kemampuan berbahasa pada anak usia dini harus
dikembangkan seoptimal mungkin. Nyanyian disini merupakan bagian kehidupan
dan perkembangan jiwa setiap manusia. Sejak di dalam kandungan seorang anak
telah memiliki beberapa aspek yang berkaitan dengan musik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nyanyian dapat
meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini di PAUD Adi Kumara
Denkayu. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah yaitu teori
berbahasa, teori behavioristik dan teori kognitivistik. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara
dari pelaksanaan siklus, metode observasi dilakukan dengan menggunakan format
observasi yang meliputi empat aspek yakni perhatian, keaktifan, keantusiasan dan
ketekunan. Hasil observasi yang didapat dari hasil belajar pada setiap siklus
dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskritif menggunakan teknik
persentase.
Subjek penelitian ini adalah anak – anak kelompok A PAUD Adi Kumara
Denkayu. Hasil penelitian menunjukan persentase pada observasi awal adalah
31,6%, dan pada Siklus I ketuntasan mencapai 68,4%, artinya terjadi peningkatan
sebesar 36,8%. Pada Siklus II peningkatan mencapai data yang didapat peneliti
adalah ketuntasan mencapai 84,2%, itu berati terjadi peningkatan sebesar 15,8%
dari Siklus sebelumnnya. Hasil penelitian implementasi pendekatan saintifik
dalam meningkatkan pengenalan tanaman dapat terselesaikan pada Siklus II dan
penelitian telah dinyatkan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:20 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:20 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/207 |