IMPLEMENTASI PERMAINAN BOLA ESTAFET DALAM MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI PAUD TAMAN MEKAR SARI DESA MENGWITANI TAHUN AJARAN 2019/2020

NI NYOMAN SUTRISNI HANDAYANI, - (2021) IMPLEMENTASI PERMAINAN BOLA ESTAFET DALAM MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI PAUD TAMAN MEKAR SARI DESA MENGWITANI TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
161104113_Ni Nyoman Sutrisni Handayani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI PERMAINAN BOLA ESTAFET DALAM MELATIH
KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI PAUD

TAMAN MEKAR SARI DESA MENGWITANI
TAHUN AJARAN 2019/2020
NI NYOMAN SUTRISNI HANDAYANI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E.mail : sutrisni57@gmail.com

Anak usia dini memiliki potensi berkembang yang sangat baik dan memiliki
perkembangan sangat cepat. Memberikan stimulasi yang baik untuk anak adalah
hal yang harus dilakukan. Pada usia ini anak sangat senang bermain, jadi
pembelajaran anak juga hendaknya dilakukan dengan cara bermain. Dalam
menstimulasi perkembangan anak, anak juga harus sehat dan kuat sehingga proses
perkembangannya berjalan dengan baik. Kesehatan anak berkaitan dengan
kemampuan motoric kasar anak. Melalui kemampuan motoric kasar yang baik
maka menghasilkan anak yang sehat secara jasmani dan lincah. Kemampuan
motoric kasar anak bisa dilatih dengan cara bermain, seperti halnya di PAUD
Taman Mekar Sari guru melatih kemampuan motoric kasar anak dengan cara
bermain permainan bola estafet dengan berbagai variasi.
Adapun masalah yang dibahas antara lain (1) Bagaimana proses
implementasi permainan bola estafet dalam melatih kemampuan motorik kasar
anak kelompok B di PAUD Taman Mekar Sari, Desa Mengwitani, Kabupaten
Badung tahun ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana dampak dari implementasi
permainan bola estafet dalam melatih kemampuan motorik kasar anak kelompok B
di PAUD Taman Mekar Sari, Desa Mengwitani, Kabupaten Badung tahun ajaran
2019/2020? (3) Bagaimana hambatan-hambatan dalam implementasi permainan
bola estafet dalam melatih kemampuan motorik kasar anak kelompok B di PAUD
Taman Mekar Sari, Desa Mengwitani, Kabupaten Badung tahun ajaran 2019/2020?
(4) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan-hambatan
dalam implementasi permainan bola estafet dalam melatih kemampuan motorik
kasar anak kelompok B di PAUD Taman Mekar Sari, Desa Mengwitani, Kabupaten
Badung tahun ajaran 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi permainan bola estafet di PAUD Taman Mekar Sari.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori
perkembangan Hurlock, teori perkembangan Santrock dan teori maturationis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitaif. Subjek penelitian yang
digunakan adalah guru kelas kelompok B, peserta didik kelompok B, kepala
sekolah dan perwakilan orangtua siswa. Metode pengumpulan data adalah
observasi non participant observation, wawancara terstruktur,studi dokumen dan
studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis
deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.

x

Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses Pembelajaran dalam implementasi
permainan bola stafet dalam melatih kemampuan motorik kasar anak kelompok B
di PAUD Taman Mekar Sari dilakukan dengan 3 tahap yaitu yang pertama tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. (2) Dampak dari implementasi
permainan bola stafet dalam melatih kemampuan motorik kasar anak kelompok B
di PAUD Taman Mekar Sari yaitu terdapat dampak positif dan negatif. Dampak
positifnya yaitu anak bisa belajar dengan perasaan senang, kemampuan motoric
anak terstimulasi dengan baik, melatih anak menjadi lebih focus, dan
menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerjasama dalam tim. Sedangkan dampak
negatifnya yaitu anak yang tidak bermain menjadi cepat bosan menonton saja dan
waktu yang digunakan cukup lama. (3) Hambatan-hambatan dalam implementasi
permainan bola estafet dalam melatih kemampuan motorik kasar anak kelompok B
di PAUD Taman Mekar Sari yaitu lapangan yang becek ketika musim hujan dan
kurangnya jumlah guru yang memandu. (4) Upaya-upaya guru dalam mengatasi
hambatan-hambatan dalam implementasi permainan bola estafet dalam melatih
kemampuan motorik kasar anak kelompok B di PAUD Taman Mekar Sari yaitu
menambah fasilitas sekolah agar pelaksanaan permainan bola estafet bisa
berlangsung lebih baik lagi, memilih permainan lain sebagai alternatif jika keadaan
tidak memungkinkan untuk melakukan permainan bola estafet dan mengerahkan
guru lain untuk ikut dalam permainan bola estafet.

Kata Kunci: Permainan Bola Estafet, Kemampuan Motorik Kasar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:20
Last Modified: 24 Jun 2024 02:20
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item
View Item