LUH AYU PURNAMA DEWI, - (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR (ANAK USIA 4-6 Th) DI TK PANTI DHARMA KUMARA SANGGULAN KECAMATAN KEDIRI TABANAN TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
161104112_Luh Ayu Purnama Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA
BERGAMBAR (ANAK USIA 4-6 TAHUN) DI TK PANTI DHARMA
KUMARA SANGGULAN KECAMATAN KEDIRI TAHUN 2020
PROVINSI BALI
LUH AYU PURNAMA DEWI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
Email : aiiubelle178@gmail.com
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling dasar dan
paling penting untuk seorang anak. Melalui pendidikan usia dini diharapkan akan
dapat menstimulasi enam aspek perkembangan anak yang terdiri dari
perkembangan moral agama, sosial emosional, fisik motorik, Bahasa, kongnitif
dan seni. Dari semua perkembangan tersebut dibutuhkan adanya interaksi atau
komunikasi agar semua perkembangan dapat terstimulasi, maka kemampuan
Bahasa dari anak disini sangat diperlukan. Pentingnya kemampuan Bahasa untuk
anak usia dini dapat dikembangkan melaui media cerita bergambar karena disini
akan menambah pembendaharaan kata anak dan kemampuan anak
mengemukakan fantasinya dengan Bahasa yang sederhana.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain yaitu (1). Bagaimana
proses peningkatan kemampuan berbicara melalui media cerita bergambar di Tk
Panti Dharma Kumara?. (2). Bagaimana peningkatan kemampuan berbicara
melalui media cerita bergambardi Tk Panti Dharma Kumara?. (3). Upaya- upaya
apa saja yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui
media cerita bergambar di Tk Panti Dharma Kumara. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu (1). Mengetahui proses peningkatan kemampuan berbicara
melalui media cerita bergambar, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan
berbicara melalui media cerita bergambar , (3) Mengetahui upaya- upaya yang
dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media cerita
bergambar
Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori Interaksi, oleh teori
Audio Visual Memory (AVM) dan teori Behaviorisme. Jenis penelitian ini jenis
penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan study dokumen. Data yang sudah terkumpul dianalisa dengan
analisis deskritif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1). Proses peningkatan kemampuan
berbicara anak melalui media cerita bergambar dilakukan dua tahapan yaitu
perencanaan dan pelaksanaan. (2). Peningkatan kemampuan berbicara anak
melalui media cerita bergambar bisa mengajari anak dengan mengenal dan
memahami lebih banyak kosa kata dengan cara yang lebih mudah dan menyenngkan. Dalam bercerita anak dapat mengetahui kosa kata yang baru dan
anak dapat secara langsung melihat situasi gambar cerita yang sedang dibacakan
sehingga anak dapat memahami isi dari kisah yang di dengarnya. (3). Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media cerita bergambar di TK Panti Dharma Kumara yaitu memberikan
stimulasi yang efektif kepada anak, guru hadir dengan Bahasa yang menarik dan
memilih media cerita bergambar yang tepat
Kata Kunci: Kemampuan Bahasa, Media Cerita Bergambar, dan Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 02:21 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:21 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/212 |