INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK EKA UTAMA KECAMATAN DENPASAR BARAT

PUTU AYU YUNIAWATI, - (2021) INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK EKA UTAMA KECAMATAN DENPASAR BARAT. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
161104106_Putu Ayu Yuniawati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM PERKEMBANGAN
SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B
DI TK EKA UTAMA KECAMATAN DENPASAR BARAT

PUTU AYU YUNIAWATI

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
Email : ayuyuniawatiputu@gmail.com

Anak Usia Dini memiliki potensi untuk berkembang secara baik, dalam
perkembangannya anak-anak memerlukan bantuan dan stimulus dari orang-orang
di sekitarnya, termasuk dalam aspek perkembangan sosial-emosionalnya.
Pengembangan sosial-emosional sangat penting bagi anak usia dini karena aspek
ini juga sangat berpengaruh pada perkembangan anak selanjutnya.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana bentuk
interaksi teman sebaya sebagai cerminan perkembangan sosial-emosioal anak usia
dini kelompok B di TK Eka Utama kecamatan Denpasar Barat ? (2) Bagaimanakah
makna interaksi teman sebaya sebagai cerminan perkembangan sosial-emosional
anak usia dini kelompok B di TK Eka Utama kecamatan Denpasar Barat ? (3)
Bagaimanakah implikasi interaksi teman sebaya sebagai cerminan perkembangan
sosial-emosional anak usia dini kelompok B di TK Eka Utama kecamatan Denpasar
Barat ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi teman sebaya dalam
perkembangan sosial-emosional anak usia dini kelompok B di TK Eka Utama
Denpasar Barat.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah teori
perkembangan dari Hurlock, teori perubahan sosial dari Lev Vygotsky, dan teori
hermeneutika dari Erst Daniel. Subjek penelitian ini adalah guru kelas kelompok B,
peserta didik kelompok B dan orang tua siswa kelompok B
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non
partisipan, wawancara terstruktur,dokumentasi dan kepustakaan. Data yang telah

terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-
langkah pengelompokan redusi, penyaijian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian (1) Bentuk interaksi di TK Eka Utama menggunakan
pembelajaran melalui bermain dan bercerita, bermain dan bercerita digunakan oleh
guru supaya anak mampu berinteraksi dengan baik bersama teman sebayanya dan
supaya anak tidak jenuh pada saat pembelajaran berlangsung. (2) Makna interaksi
yang diberikan di TK Eka Utama yaitu melalui bermain dan belajar. (3) Implikasi
interaksi kepada anak di TK Eka Utama dengan membiarkan anak berbagi kepada
orang lain dan saling tolong menolong supaya anak-anak terbiasa sejak dini.
Kata Kunci: Teman Sebaya, Perkembangan Sosial-Emosional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:21
Last Modified: 24 Jun 2024 02:21
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item
View Item