STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER HINDU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANGLI KELURAHAN KAWAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI

NI MADE AYU DEVI PARAMITHA MAHARANI, - (2021) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER HINDU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANGLI KELURAHAN KAWAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
161104104_Ni Made Ayu Dewi Paramitha Maharani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER
HINDU PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI BANGLI
KELURAHAN KAWAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI

NI MADE AYU DEVI PARAMITHA MAHARANI
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail: deviparamita835@gmail.com

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar anak secara aktif mengembangkan potensi
dirinya. Strategi guru adalah pola untuk membimbing, mengasuh, mendampingi,
mengasah dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu membangkitkan
potensi anak untuk menghasilkan keterampilan tertentu yang dilakukan oleh
tenaga pendidik guna merencanakan kegiatan pembelajaran. Penanaman karakter
Hindu yaitu sikap atau prilaku yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,
dalam melaksanakan ajaran agama yang patut dilakukan oleh seseorang melalui
metode yang digunakanya. Anak kelompok B yaitu anak usia dini yang berada
pada usia 5-6 tahun Hal tersebut diatas melatarbelakangi sebuah penelitian ilmiah.
Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah teori
behaviorisme, teori perkembangan kognitif, dan teori moral. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru dan anak-anak. Metode pengumpulan data dengan cara observasi non
partisipan, wawancara terstruktur, studi dokumen dan studi kepustakaan. Metode
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
simpulan.
Hasil penelitian menunjukan proses yang dilakukan di TK Negeri Bangli
yaitu dilakukakan yaitu dengan cara memberikan muatan lokal yang dilakukan
setiap hari sabtu, yang berkaitan dengan sarana upakara untuk melakukan proses
persembahyang seperti purnama dan tilem yang dilakukan pada hari-hari tertentu..
Selain menggunakan strategi digunakan juga beberapa metode yang dapat
membantu guru untuk menanamkan karakter Hindu pada anak agar dalam
menanamkan karakter anak menjadi baik yang terdiri dari metode bermain,
metode bercerita, metode demontrasi, dan metode bernyanyi. Dalam penanaman
karakter guru mengalami hambatan-hambatan terdiri dari prilaku anak yang
berbrda, sikap belajar anak, motivasi belajar, lingkungan keluarga, tingkat
kecerdasan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam penanaman karakter
Hindu adalah Mengulang kegiatan yang belum maksimal, berkunjung ke rumah
anak, melakukan sosialisasi menggunakan zoom memberikan muatan local,
pemberian penghargaan kepada anak, melakukan pembiasan yang baik di setiap
kegiatan. Sehingga mampu menarik anak dalam melakukan proses pembelajar.
Kata Kunci: Strategi Guru, Penanaman Karakter, Pada Anak Kelompok B

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:21
Last Modified: 24 Jun 2024 02:21
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item