PUTU HONEY DHARMA PUTRI WIDARSANA, - (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANTEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HALO PEJATI UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN DI KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
171306128_Putu Honey Dharma Putri Widarsana.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANTEN MELALUI MEDIA SOSIAL
INSTAGRAM HALO PEJATI UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN
DI KOTA DENPASAR
Perkembangan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi perkembangan media
komunikasi. Media komunikasi massa adalah alat yang digunakan oleh manusia untuk
mendukung dan mempermudah proses komunikasi manusia dalam bentuk alat mekanis. Salah
satu wujud perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi massa adalah munculnya media
sosial seperti aplikasi Instagram. Dapt diartikan secara sederhana Instagram ialah sebuah aplikasi
mobile media sosial berbasis iOS, Android dan Windows Phone yang mana pengguna dapat
membidik, mengedit dan menguggah foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring
sosial lainnya. Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain
yang menjadi follower atau pengikut. Sistem pertemanan di Instagram menggunakan istilah
following dan follower. Following berarti seseorang mengikuti pengguna lain, sedangkan
follower berarti pengguna lain yang mengikuti seseorang tersebut. Selanjutnya setiap pengguna
dapat berinteraksi dengan cara memberikan komentar dan memberikan respon suka terhadap foto
yang dibagikan. Di era digital seperti sekarang, internet menjadi pusat kegiatan banyak orang,
pemasaran online menjadi metode paling efektif. Media online dianggap bisa melebarkan sayap
pemasaran bisnis secara optimal dengan biaya yang lebih murah dibandingkan secara
offline. Secara sederhana pemasaran online dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang
memanfaatkan internet sehingga kegiatan pemasaran mendapatkan perhatian
konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media internet salah satunya media sosial Instagram.
Dalam media sosial Instagram pengusaha dapat memasarkan produk apapun, salah satunya ialah
banten. Banten merupakan secara umum merupakan salah satu aspek pendukung dan sarana
yang harus dipenuhi oleh Umat Hindu dalam melaksanakan upacara yadnya atau upacara
agama. Keterbatasan waktu seiring perkembangan zaman seperti saat ini, memunculkan
kecendrungan masyarakat Hindu modern untuk membeli banten online. Salah satu layanan
bnaten online yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media komunikasi
pemasaranyya ialah Halo Pejati. Halo Pejati memiliki beberapa upaya dalam memasarkan banten
secraa online melalui media sosial Insatgram. Tentu dslam proses strategi komunikasi
pemasaranya Halo Pejati mengalami hambatan. Upaya dan hambatan tersebut akan
memenculkan dampak bagi konsuemn Halo Pejati.
Kata Kunci : Halo Pejati, Media Sosial Instagram, Strategi Komunikasi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Dharma Duta > S1 - Ilmu Komunikasi Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:38 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/247 |